Logo Eventkampus

Beberapa Jenis Tumbuhan Kantong Semar

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa Jenis Tumbuhan Kantong Semar

kantung semar merupakan genus Nepenthes masuk dalam familia monopotik, tanaman ini terdapat dari sekitar 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora yang dapat tumbuh di kawasan tropis. Habitat dengan spesies terbanyak berada di pulau Sumatera dan Borneo. Kantong semar dikenal dengan beberapa nama di nusantara. Di Riau tanaman ini disebut periuk monyet (Bahasa Inggrisnya monkey cup plant), di Bangka disebut ketakung, dan di Jawa Barat disebut raja mantri. Sampai saat ini, tercatat ada sekitar 103 jenis tanaman kantong semar yang pernah ditemukan di dunia. 64 jenis diantaranya tumbuh di Sumatra dan Kalimantan yang terkenal sebagai surga bagi tanaman kantong semar.

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15 - 20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun ada sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang dapat digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam. Pada umumnya Nepenthes memiliki tiga kantong, yaitu kantos atas, kantong bawah dan kantong roset. Inilah beberapa jenis tumbuhan Kaantong Semar yang belum banyak kita ketahui.

1.Nepenthes Aristolochioides

Nepenthes aristolochioides merupakan jenis kantong semar endemik pulau Sumatera. Tanaman ini memiliki bentuk yang cenderung aneh dibandingkan dengan jenis kantung semar lainnya. Jenis kantong semar ini tumbuh pada ketinggian sekita 1800 - 2500 mdpl.

2.Nepenthes maxima

Kantung semar jenis ini merupakan tanaman yang melegenda di dunia kantung semar. Bentuk kantung penjebak pada kantung semar rata-rata lebih besar daripada tanaman kantung semar jenis lain. Di Indonesia, ditemukan Nepenthes Maxima yang memegang rekor sebagai salah satu kantung semar terbesar dengan ukuran kantung yang mampu menampung 1,5 liter air. Kantung semar jenis ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi, Maluku dan Papua.

3.Nepenthes Ampullaria

Nepenthes Ampullaria adalah jenis kantung semar yang bentuknya mirip dengan termos. Nepenthes Ampullaria terdapat di Borneo, Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, dan Kepulauan Maluku serta New Guinea. Nepenthes Ampullaria hidup di habitat yang lembab, hujan teduh sampai ketinggian 2100 mdpl.

4.Nepenthes Holdenii

Merupakan spesies kantong semar berasal dari barat kamboja. Spesies ini tumbuh pada ketinggian 600-800 mdpl. Spesies ini pada awalnya berasal dari puncak di Pegunungan Cardamom, dan terdapat populasi baru dilaporkan pada bulan Oktober 2011.

                  5. Nepenthes khasiana

Tanaman kantong semar ini merupakan satu-satunya spesies kantung semar yang tumbuh di India.

6. Nepenthes Sumatrana

Nepenthes Sumatrana jenis spesies ini merupakan kantong semar endemik Indonesia, khususnya pulau Sumatera yang menjadi namanya.

7.Nepenthes Maxima

Nepenthes Maxima merupakan tumbuhan karnivora spesies kantong semar yang tumbuh tersebar di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, tumbuh disekitar 0 - 2000 mdpl.

Semoga dapat bermanfaat membantu Anda dalam pengenalan tentang aneka ragam bentuk kantong semar.

 

 

 

 

 


Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar