Logo Eventkampus

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang juga sudah terkenal ke luar negeri, salah satunya jepang. Tempe sangat digemari sebagai lauk atau cemilan karena rasanya yang enak dan juga banyak manfaat yang terkandung didalam tempe. Tempe mengandung sangat banyak nutrisi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan kandungan nutrisi dan protein dalam tempe lebih tinggi daripada daging sapi. Di sisi lain, kandungan lemak dalam tempe justru lebih rendah. Tempe juga mengandung kalsium dan fosfor yang jumlahnya jauh lebih tinggi daripada daging. Beberapa kandungan dalam tempe bahkan tidak terdapat dalam daging seperti karbohidrat, serat, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piroksidin, dan biotin. Kandungan besi, thiamin, vitamin B12, dan retinol dalam tempe meskipun sedikit juga lebih tinggi daripada daging. Selain itu, tempe juga mengandung zat antoksidan bernama isoflavon yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan berbagai nutrisi dalam tempe menjadikan tempe dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan:

1.       Aman bagi penderita diabetes

Tempe mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Selain baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II, tempe juga bisa membantu menurunkan resiko diabetes.

2.       Memenuhi kebutuhan vitamin B12

Manfaat tempe yang selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, terutama bagi para vegan. Vitamin B12 bermanfaat bagi tubuh untuk menghasilkan sel darah mereh, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, hingga menjaga kesehatan sistem saraf dan menjaga fungsi otak.

3.       Sumber protein

Setiap 100 gr tempe mengandung kurang lebih 20 gr protein. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34% bagi orang dewasa. Selain untuk menjaga jaringan otot, protein juga berfungsi untuk menghasilkan enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.

4.       Menu diet

Kandungan protein dan serat dalam tempe membuat makanan ini sangat cocok untuk menu diet. Kandungan vitamin B kompleks dalam tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi ketika sedang diet.

5.       Antioksidan penangkal radikal bebas

Kandungan isoflavon dan juga nutrisi lainnya dalam tempe membuat tempe ampuh menjadi antioksidan bagi tubuh. Peran tempe sebagai antioksidan terbukti lebih ampuh jika dibandingkan dengan kedelai rebus biasa.

6.       Sumber kalsium

Tempe juga bisa dijadikan sumber kalsium yang tidak jauh berbeda dengan susu. Setiap 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gr tempe memiliki kandungan 155 mg kalsium. Jadi, bisa dikatakan bahwa tempe sangat mungkin menjadi sumber kalsium yang tidak kalah dengan susu.

Dibalik manfaatnya yang baik untuk kesehatan, ternyata tempe juga memiliki bahaya untuk tubuh. Tempe yang terbuat dari kacang kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang berpengaruh pada kerja hormon estrogen pada wanita. Pada wanita yang berisiko kanker, adanya phytoestrogen bisa menjadi pemicu kanker. Tempe juga menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh penderita asam urat. Penderita asam urat biasanya disarankan untuk mengindari makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Pada sadarnya tempe mengandung zat purin rendah, jadi masih boleh dikonsumsi namun tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, efek tempe pada penderita asam urat mungkin berbeda-beda bergantung pada parahnya asam urat yang diderita.

Untuk menghindari resiko bahaya tempe sebaiknya konsumsi tempe rebus, jika ingin menggoreng tempe, goreng tempe dengan minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Rasa lezat, harga murah, dan juga nutrisi tinggi bisa kita dapatkan semua jadi satu makanan saja. Tidak heran jika tempe mendapatkan julukan superfood karena keistimewaannya ini.

 

Sumber : https://doktersehat.com/manfaat-tempe/

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar