Logo Eventkampus

Penyebab Seseorang Mimisan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Penyebab Seseorang Mimisan

Apa sih Penyebab Seseorang Mimisan?

Hanya 15 persen dari penyebab mimisan yang bisa diidentifikasi pada setiap kasus

Beberapa kondisi bisa jadi penyebab mimisan yaitu

1. Benturan pada hidung

Benturan dapat memicu pendarahan pada hidung. Trauma wajah juga dapat menyebabkan bengkak dan memar yang juga berujung pada pendarahan. Ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu singkat. Namun, jika perdarahan seperti ini terus berlangsung, periksakan diri ke dokter.

2. Hidung kering

Alasan paling umum seseorang mimisan adalah bagian dalam hidung yang kering. Pemanasan sentral atau ruangan berpendingin dapat menyebabkan bagian dalam hidung mengering. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh debu.

Bagian dalam hidung yang kering akan mengeras, sehingga ketika Kamu mengoreknya, bisa menimbulkan perdarahan. Cobalah gunakan air humidifier  (pelembap udara) dan minum lebih banyak untuk membantu mencegah saluran hidung mengering.

3. Pertumbuhan abnormal dalam hidung

Pertumbuhan yang aneh dapat terjadi di hidung, termasuk polip (benjolan non kanker), lesi, dan tumor. Pada kasus tumor hidung (meski ini jarang sekali terjadi), kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan, terutama jika disertai dengan penyumbatan atau sensasi pengap. Jika seorang dewasa sering mengalami mimisan, maka ia perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk dicari tahu apa penyebabnya, terutama jika disertai dengan penyumbatan atau sensasi pengap.

4. Pilek dan alergi

Pilek dan alergi musiman membuat saluran hidung bengkak dan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menimbulkan hidung mampet dan tak sedikit orang yang berusaha mengeluarkan lendiri tersebut secara paksa. Jika ini dilakukan, pembuluh darah kecil di dalam hidung bisa robek, lalu berdarah.

5. Obat

Obat pengencer darah seperti aspirin dan warfarin yang digunakan untuk mengobati kondisi jantung atau stroke bisa membuat mimisan jauh lebih parah. Jika Anda sedang menjalani pengobatan yang bisa membuat mimisan menjadi lebih buruk, pastikan untuk segera mencari saran medis jika hidung Anda mulai berdarah.



Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar