Logo Eventkampus

Reaksi Tubuh jika Berhenti Konsumsi Gula, dari Sehari sampai Setahun

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Reaksi Tubuh jika Berhenti Konsumsi Gula, dari Sehari sampai Setahun

Kamu suka makan atau minum manis-manisan? Banyak penelitian yang mengatakan kalau gula bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuhmu. Gula pun dapat membuatmu ketagihan.

Eh, jangan salah. Menurut sebuah penelitian oleh Departemen Psikologi Princeton University pada 2008, gula dapat membuat seseorang ketagihan sama seperti narkoba. Setelah mengecap kemanisan gula, lidah kita terus menerus ingin disentuh oleh manisnya gula.

Namun, di sini, kami bukan ingin menakut-nakuti kamu soal bahaya makan gula. Sebaliknya, kami menunjukkan padamu apa yang terjadi jika kamu berhenti konsumsi gula selama setahun.

1. Hari pertama tidak konsumsi gula

Gula memang sering dikaitkan sebagai faktor untuk menambah tenaga. Namun, jika sehari tidak makan gula pun, kamu tidak akan kehabisan energi. Mengapa? Karena kami berbicara tentang gula, bukan karbohidrat. Gula dalam karbohidrat berbeda dengan gula yang buruk.

Saat kamu berhenti konsumsi gula untuk 20 menit pertama, kamu akan merasa cepat kenyang. Satu jam setelah kamu tidak mengonsumsi gula, kamu akan merasa lebih bertenaga dan mulai terbiasa untuk menolak gula.

Namun, perlu diperhatikan. Karena gula sudah dicoret dari daftar pola makanmu, harus ada alternatifnya. Konsumsi makanan yang kaya serat dan protein rendah lemak untuk mengisi "ngidam" pada sesuatu yang manis seperti sayur dan ikan.

Pertahankan hingga hari ketiga, maka tekanan darahmu akan menjadi stabil, kamu jadi lupa pada gula, dan tidak akan ngidam gula lagi.

Fun Fact: Tahukah kamu bahwa perasaan semangat setelah konsumsi gula berasal dari insulin? Kelebihan insulin dapat menyebabkan tekanan darah naik dan jantung berdebar-debar.

2. Hari ketiga tidak konsumsi gula

Kita sedang berbicara "ketagihan" pada gula. Seperti yang tertulis sebelumnya, ketagihan pada gula 11-12 dengan ketagihan pada narkoba. Jadi, tubuhmu akan mulai "meronta" dan "merengek" untuk mendapatkan gula.

Tidak jarang pada saat ini, kamu akan merasakan gejala seperti sedih, cepat marah, mual, pusing, dan bahkan depresi. Tergantung dari seberapa ketagihannya kamu dengan gula, biasanya proses ini bisa berlangsung selama satu hingga dua minggu.

Namun, bertahanlah! Kamu pasti bisa! Demi hidup yang sehat!

Fun Fact: Tahukah kamu, selain stres, gula adalah faktor utama penumbuh jerawat? Hal ini dikarenakan tubuh bekerja lebih keras memproses gula sehingga menghasilkan minyak berlebih pada pori-pori dan membuat kulit kekurangan cairan. Situasi itulah yang membuat bakteri penyebab jerawat berpesta pora di wajahmu.

Minuman buah pun tidak akan berpengaruh apa-apa. Jadi, berhenti konsumsi minuman dan makanan yang bergula.

3. Satu minggu tidak konsumsi gula

Saat sudah tidak mengonsumsi gula selama satu minggu, kamu akan merasakan perbedaan signifikan dibandingkan dengan seminggu sebelumnya. Namun, bergantung pada pola makanmu, salah satu dari kedua hal ini yang akan terjadi:

Jika pola makanmu sebelumnya benar-benar didominasi oleh makanan jahat, kamu masih dalam mode detoksifikasi.

Jika pola makanmu sehat dan konsumsi gulamu tidak berlebihan, kamu akan merasakan efek dari satu minggu tidak konsumsi gula.

Jika kamu adalah yang kedua, maka dijamin, kamu akan terbebas dari mood swing dan lebih bertenaga untuk menjalani hari.

Fun Fact: Yang ini hanya singkat saja. Tetapi, tahukah kamu gula dapat membuatmu keriput? Eits, jangan marah dulu!

Kelebihan gula mengarah pada proses glikasi yaitu saat gula terikat pada protein sehingga menghasilkan molekul yang merapuhkan kolagen. Inilah yang membuat kekencangan kulitmu berkurang sehingga berkeriput.

4. Sebulan tidak konsumsi gula

Sebelumnya, congratulation jika kamu bertahan hingga tahap ini.

Di sinilah keanehan terjadi. Tapi, aneh dalam artian yang baik. Setelah satu bulan tidak mengonsumsi gula, kamu akan mendapati dirimu sendiri "anti" terhadap gula. Kamu malah akan menyukai sayur dan protein rendah lemak.

Hal itu dikarenakan kamu sudah terbiasa dengan pola makan sehat.

Fun Fact: Tahukah kamu? Berdasarkan sebuah statistik oleh Departemen Agrikultur Amerika Serikat pada 2012, rata-rata orang Amerika mengonsumsi 35 kilogram gula per tahun! Itu artinya, 22 sendok teh gula sehari!

5.  Setahun tidak konsumsi gula

Jika kamu sedang dalam masa diet, kamu bisa segera mengunggah foto "after"mu di Instagram. Kenapa? Karena absensi gula sudah pasti berpengaruh pada penurunan berat badan. Tiga bulan saja sudah berpengaruh besar. Apalagi setahun?!

Selama ini, gula adalah yang disimpan tubuhmu sebagai cadangan tenaga. Apa yang terjadi jika kamu jarang bergerak dan konsumsi gula jalan terus? Cadangan itu berubah menjadi lemak yang membuat tubuhmu melar.

Bukan itu saja. Tubuhmu sudah terbiasa pada ketiadaan gula dan lebih "ngidam" pada sayur dan mineral esensial untuk tubuhmu. Selain timbangan, kesehatanmu sudah pasti meningkat pesat dibandingkan setahun yang lalu.

Reaksi Tubuh jika Berhenti Konsumsi Gula, dari Sehari sampai Setahungiphy.com

Fun Fact: Tahukah kamu, kelebihan gula membuatmu pikun? Menurut sebuah penelitian pada jurnal Neurology pada 2013, selain diabetes, gula dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer. Peserta dengan tingkat gula berlebih tidak mampu mengingat 15 kata dalam 30 menit.

Konsumsi gula berlebih merusak sel-sel otak sehingga mengurangi daya ingatmu. Masa baru muda sudah pikun?

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar