Logo Eventkampus

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat pasti sangat menyiksa dan mengganggu bagi penderitanya. Asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda dan gejala klasik asam urat. Dan adapun makanan yang harus dihindari oleh seorang penderita asam urat lho. Berikut makanan yang harus dihindari:

1.      Bir dan minuman beralkohol

Minuman hasil fermentasi menjadi alkohol merupakan pantangan asam urat dikarenakan dapat meningkatkan kadar asam urat. Akibat dari mengonsumsi bir adalah nyeri dan dehidrasi. Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dan lainnya.

2.      Kedelai olahan

Tahu, tempe, dan makanan berbahan kedelai lainnya yang difermentasi. Makanan favorit Indonesia ini selain harganya lebih murah, juga tinggi protein. Sayangnya, pasien dengan penyakit asam urat harus membatasi konsumsi makanan kedelai olahan ini.

3.      Seafood

Penyebab asam urat yang terutama adalah purin dan makanan laut mengandung zat tersebut. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghindari makanan laut bagi penderita penyakit ini. Seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi. Makanan yang diawetkan juga menjadi penyebabnya, seperti ikan kalengan; sarden, kornet sapi, dan makanan kalengan lainnya.

4.      Jeroan

Makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderita berikutnya adalah jeroan. Organ hati pada hewan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan lainnya.

5.      Sayuran

Terdapat sayuran yang tidak baik dikonsumsi penderita asam urat, lho. Beberapa sayuran dengan kadar purin tinggi yang harus dihindari adalah bayam, kacang polong, kembang kol, dan jamur. Kamu tetap bisa mengkonsumsi sayur-sayuran di atas, tetapi dalam jumlah yang tidak begitu banyak agar tidak memperburuk kondisi asam urat dan gejala-gejalanya.

6.      Daging merah

Daging sapi, daging kambing, dan daging babi dianggap tinggi purin. Dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi daging merah jenis apapun.

7.      Nangka

Nangka mengandung tinggi purin. Seperti yang telah dijelaskan di atas, purin menjadi pantangan asam urat. Purin juga menggangu fungsi ginjal karena tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh. Penumpukan asam urat pada ginjal menjadi penyebab batu ginjal.

8.      Mangga

Terlalu banyak makan mangga akan menghambat menurunnya kadar kalori di dalam tubuh yang menyebabkan berat badan naik. Ini dapat menyebabkan asam urat. Jadi, batasi makan buah mangga atau jika Anda sangat suka makan banyak mangga, siasati dengan olahraga.

9.      Ragi

Makanan apapun yang mengandung ragi, baik suplemen ataupun tambahan untuk makanan tidak baik untuk penderita asam urat lho, Toppers. Hal ini dikarenakan ragi mengandung purin. Meskipun kadar purinnya tidak setinggi jeroan dan daging-dagingan lain, penderita asam urat tetap harus menghindari makanan yang mengandung ragi karena dapat memperburuk gejala asam urat. Apalagi jika kadar asam urat di dalam tubuh sudah cukup tinggi.

10.  Unggas

Selain jenis daging merah, aneka daging putih seperti daging unggas juga tinggi purin. Yang termasuk jenis unggas adalah angsa, bebek, burung dan kalkun. Keempat jenis unggas ini memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada daging putih pada umumnya. Namun ayam masih aman untuk Anda makan selama tidak dimasak menggunakan banyak minyak dan maksimal dikonsumsi sebanyak 50 gram per hari.

Itulah makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Agar tidak kambuh, perlu diingat pantangan asam urat yang telah di jelaskan di atas ya, semoga info ini bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Pantangan yang harus dipatuhi pada penderita penyakit asam urat!!
03 Maret 2020

Komentar