Logo Eventkampus

Manfaat Kentang

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kentang

    Kentang merupakan makanan murah dan banyak nutrisi pengganti nasi. Makanan itu akhir-akhir ini banyak ditemukan untuk cemilan. Tapi tahukah kamu manfaat kentang untuk kesehatan?. Berikut adalah manfaat kesehatan dan nutrisi dari kentang.

1. Banyak Nutrisi

  Kentang adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Kandungan nutrisi kentang dapat bervariasi tergantung pada cara mengolahnya. Misalnya, kentang goreng. Lebih banyak kalori dan lemak dari kentang goreng daripada kentang panggang.

     Penting juga untuk dicatat bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang dapat secara signifikan mengurangi kandungan gizinya.

2. Mengandung Antioksidan

  Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini merupakan antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk akan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

3. Mengontrol Gula Darah

   Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini sepenuhnya diserap oleh tubuh. Pati resisten akan meningkatkan kontrol gula darah. Agar mengontrol gula darah, simpan kentang rebus di lemari es semalam dan konsumsi dalam keadaan dingin.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

    Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten dari kentang sebagian besar dikonversi menjadi asam lemak rantai pendek butirat (sumber makanan pilihan untuk bakteri usus). Butirat dapat mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Mengenyangkan

 Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Makanan yang bikin kamu kenyang ini dapat membantu mengatur atau menurunkan berat badan.

6. Diolah Berbagai Cara

   Kentang tidak hanya sehat, tetapi juga lezat dan dapat diolah berbagai cara. Kentang dapat diolah dengan berbagai cara, termasuk direbus, dipanggang, dan dikukus. Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kalorinya jika kamu menggunakan banyak minyak.

  Sebagai gantinya, cobalah mengiris kentang dan kemudian memanggangnya dalam oven dengan sedikit minyak zaitun. Pastikan untuk tidak menghilangkan kulit kentang, karena sebagian besar nutrisi ada di sana. Hal ini akan memastikan kamu menerima jumlah nutrisi maksimum dari kentang. 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar