Logo Eventkampus

Kandungan dan Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Kandungan dan Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

     Tidak hanya sebagai bahan makanan, buah sukun juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit tertentu. Namun, apakah manfaat buah sukun dalam pengobatan dan pencegahan penyakit terbukti efektif? Mari simak pembahasannya.

 Buah sukun yang bernama latin Artocarpus altilis merupakan buah tropis yang sekilas mirip nangka. Buah sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis.

    Sukun digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam penganan. Buah sukun dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang, dibuat menjadi keripik, kolak, hingga diolah menjadi tepung untuk menjadi bahan masakan lainnya.

      Jika dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras dan kentang, buah sukun mengandung mineral dan vitamin yang lebih banyak dan lengkap, tetapi nilai kalorinya lebih rendah. Hal ini membuat sukun cocok sebagai makanan diet.

      Selain buahnya yang kaya akan nutrisi, daun, batang, dan akar buah sukun juga dapat dimanfaatkan. Karena mengandung nutrisi yang cukup tinggi, sukun dianggap memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti. 

1. Menurunkan gula darah

 Berdasarkan suatu penelitian pada hewan percobaan, diketahui bahwa buah sukun atau ekstrak daun sukun dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegahnya tetap stabil. Penemuan ini menunjukkan bahwa buah sukun mungkin memiliki potensi sebagai pengobatan bagi penderita diabetes.

    Meski demikian, manfaat buah sukun sebagai pengobatan diabetes pada manusia belum terkonfirmasi. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan klaim tersebut.

2. Menurunkan tekanan darah

 Ekstrak daun buah sukun dapat menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, penelitian tersebut juga masih terbatas pada hewan, sehingga manfaat buah sukun dalam pengobatan tekanan darah tinggi pada manusia masih belum dapat dibuktikan.

3. Mengurangi peradangan

  Kandungan antioksidan pada buah sukun dapat mengurangi aktivitas sel-sel tubuh yang berperan dalam proses peradangan. Ekstrak daun buah sukun terlihat efektif mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat peradangan. Sekali lagi, ini pun masih pada hewan percobaan.

4. Melindungi kesehatan jantung

   Sari buah sukun terlihat memiliki efek yang dapat mencegah penyakit jantung. Diduga efek ini berkat kandungan antioksidan pada buah sukun yang dapat mencegah pembentukan sumbatan atau aterosklerosis pada pembuluh darah jantung, mengurangi kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

   Kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam buah sukun diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini mendukung klaim bahwa buah sukun bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Akan tetapi, masih dibutuhkan studi klinis lebih lanjut untuk memastikannya.

   Tidak ada salahnya menambahkan buah sukun dalam menu makanan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

  

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar