Logo Eventkampus

5 Manfaat Daun Saga Dalam Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Manfaat Daun Saga Dalam Tubuh

Indonesia memang kaya dengan berbagai macam flora dan juga fauna. Indonesia yang memiliki iklim tropis ini banyak sekali dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satu tanaman tersebut adalah si hijau daun saga.

Daun saga dipercaya sebagai obat tradisional sejak zaman dulu. Masyarakat umum meyakini manfaat daun saga sebagai obat batuk, pilek, demam, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya. Secara tradisional, daun saga dipercaya sebagai obat alternatif sejak dulu kala. Berikut ini adalah manfaat daun saga yang dipercaya, yaitu:

1.     Membantu Mengatasi Gigitan Serangga Dan Ular

Manfaat daun saga juga dipercaya dapat membantu mengatasi gigitan serangga dan ular. Masyarakat tradisional menggunakan ekstrak akar dan daun saga untuk menghentikan racun atau paparan infeksi dari gigitan serangga.

2.     Membantu Merawat Rambut

Beberapa produk perawatan rambut menggunakan daun saga sebagai salah satu bahan utamanya. Biji saga dihaluskan lalu dicampur dengan air beras untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mempertahankan keindahan rambut. Namun, beberapa orang mungkin tidak cocok dengan produk rambut dari daun saga ini.

3.     Membantu Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah kondisi dimana tenggorokan terasa sakit, gatal, dan sensasi seperti terbakar. Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum adalah karena infeksi bakteri Streptococcus yang mengganggu fungsi tenggorokan dan amandel. Umumnya, sakit tenggorokan dapat diobati dengan antibiotik, namun beberapa kalangan mungkin lebih memilih dengan obat tradisional seperti daun saga. Daun saga mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, namun belum ada uji klinis tentang khasiat ini.

4.     Membantu Mengatasi Demam

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh Anda naik dari suhu normal yaitu 37,5°C. Penyebab demam yang paling umum adalah karena infeksi virus atau bakteri. Umumnya kamu dapat mengatasi demam dengan minum obat parasetamol dan beristirahat yang cukup. Dalam pengobatan tradisional Cina, daun saga digunakan untuk mengatasi demam dengan mengolahnya menjadi ekstrak atau teh herbal. Meskipun sudah lama digunakan untuk mengatasi demam, sebenarnya belum ada uji klinis yang terbukti secara medis.

5.     Membantu Mengatasi Batuk

Batuk adalah respon tubuh secara reflek untuk membersihkan lendir atau iritasi di tenggorokan. Penyebab batuk yang paling umum adalah karena adanya infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus. Beberapa orang menggunakan obat tradisional untuk mengatasi batuk seperti dengan meminum ekstrak daun saga, namun belum ada penelitian medis terkait kandungan apa di daun saga yang dapat mengobati batuk.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun saga yang bisa kalian ketahui nih. Selamat mencoba. Dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar