Logo Eventkampus

Sering Pakai Earphone Saat Tidur Sampai Terlelap? Ini Bahayanya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Sering Pakai Earphone Saat Tidur Sampai Terlelap? Ini Bahayanya

   Mendengarkan musik melalui earphone memang menyenangkan. Selain tidak mengganggu orang-orang sekitar, juga bisa memaksimalkan volume agar lebih mantap. Namun, waspadalah jika Anda kerap meminjam earphone milik orang lain. Pasalnya kebiasaan ini memicu masalah kesehatan serius. Berikut bahaya pakai earphone saat tidur. 


1. Kotoran Telinga Menumpuk

  Memakai earphone saat tidur dapat membuat kotoran telinga menupuk, lo! Menurut sebagian besar orang, semakin jernih suara earphone semakin bagus kualitasnya.

  Sayangnya, para pembuat earphone biasanya terus berupaya supaya suara produknya tetap jernih, tapi tidak memerhatikan aliran udara yang masuk.

   Nah, jika kita menggunakan earphone terus-menerus apalagi saaat tidur, kotoran telinga pun menumpuk dan mengeras di dalam. Jika sudah begitu, telinga pun jadi sarang bakteri dan dapat menyebabkan infeksi. Hal ini disebabkan oleh gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama.


2. Nyeri Telinga Karena Infeksi

  Seseorang yang sering pakai earphone saat tidur lebih rentan mengalami nyeri telinga. Selain itu, telinga pun jadi berdenging. Hal ini disebabkan oleh gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama.


3. Gangguan Pendengaran

 Tahukah teman-teman? Suara yang aman untuk didengar oleh telinga adalah suara di bawah 85 desibel (dB). Sementara, kebanyakan earphone menghasilkan suara antara 95-108 dB.

  Mendengarkan suara lebih dari 95dB dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan syaraf pada telinga. Akhirnya, pendengaran pun dapat terganggu.


Lalu Bagaimana Cara Pakai Earphone agar Tidak Merusak Telinga?

Mendengarkan musik pakai earphone tidak dilarang. Hanya saja, kita perlu memerhatikan cara pemakaiannya supaya tidak merusak telinga.

Caranya:

1. Pakai earphone milik sendiri. Jika kita sering bertukar earphone, bakteri bisa menyebar.

2. Ganti karet atau spons earphone setiap bulan.

3. Tidak perlu mengatur volume terlalu keras.

4. Hindari menggunakan earphone di tempat ramai. Di tempat ramai atau berisik, kita cenderung meningkatkan volume earphone hingga terlalu keras.

5. Istirahat setiap 15 menit. Biarkan telinga kita beristirahat.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar