Logo Eventkampus

Bahaya Tidur di Depan Televisi yang Menyala, Bisa Munculkan Pemicu Penyakit Mematikan di Dunia

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya Tidur di Depan Televisi yang Menyala, Bisa Munculkan Pemicu Penyakit Mematikan di Dunia

Tertidur di depan televisi yang menyala merupakan kebiasaan yang mesti kita hindari.Pasalnya sebuah penelian menunjukan kebiasaan tersebut dapat munculkan pemicu penyakit mematikan di dunia.

Dimana kebiasaan tertidur di depan televisi ternyata bisa menyebabkan obesitas bagi yang melakukannya.

Seperti kita ketahui, obesitas merupakan penumpukkan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh.Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus tentu dapat memengaruhi kesehatan penderitanya. 

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, orang yang cahaya baik lampu maupun televisi pada malam hari cenderung mengalami kenaikan berat badan dan menjadi gemuk.

Dimana orang yang tidur dengan lampu atau televisi menyala akan memiliki kemungkinan 17% mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kg, selama 5 tahun ke depan.

Selain itu, tidur dengan lampu atau televisi menyala juga meningkatkan 33% risiko masalah obesitas jika terus dibiarkan.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa dengan mematikan lampu dan televisi saat tidur, dapat mengurangi risiko obesitas ini.

Hasil ini menunjukkan bahwa paparan cahaya buatan pada malam hari saat tidur, mungkin merupakan faktor risiko untuk kenaikan berat badan sampai obesitas.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengatakan bahwa paparan cahaya saat tidur bisa jadi cerminan perilaku tidak sehat lainnya, seperti misalnya gaya hidup yang kurang gerak.

Temuan ini tentu menjadi peringatan bagi kita yang terbiasa kurang gerak dengan membiarkan televisi terus menyala ketika tidur.Meski kita ketahui obesitas sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti riwayat keluarga penderita obesitas, pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi junk food dan makanan berkalori tinggi, kebiasaan tak berolahraga secara teratur.

Namun kebiasaan tertidur di depan televisi yang menyala juga ternyata merupakan salah satu faktor risiko tersebut.

Oleh karena itu hindari berbagai kebiasaan buruk tersebut, sebab seperti kita ketahui obesitas bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mematikan di dunia.

Dimana kondisi obesitas sering sekali disebut dapat menyebabkan sejumlah penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, diabetes melitus, dan kanker.

Menurut data dari World Health Organization (WHO) di penghujung 2018, terjadi sekitar 56,9 juta kematian di seluruh dunia. Lebih dari setengahnya, disebabkan oleh penyakit jantung, stroke, kanker, diare, dan penyakit paru.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar