Logo Eventkampus

Bahaya Mainan Handphone Saat Keadaan Sedang di Charge

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya Mainan Handphone Saat Keadaan Sedang di Charge

Seiring dengan bertambah besar layar HP zaman sekarang, penggunaan hp semakin lama semakin tinggi, dan baterai HP kita akan semakin cepat habis. Jadi banyak orang sambil main sambil charging.

Kabiasaan kamu selama ini saat nge-charge HP tanpa disadari bisa jadi salah satu penyebab HP dan baterainya cepat rusak. Makanya, hundari melakukan hal tersebut saat lagi nge-charge HP.

Tapi tidakkah kamu sadari, penggunaan hp dalam jangka waktu yang panjang akan membuat badan hp kamu akan memanas? Pernahkah terpikirkan dibenak kita kalau terlalu panas, apakah akan membahayakan?

-  Di bawah ini adalah kasus yag terjadi, ada beberapa orang sedang charging hp, dan telepon berdering dan tanpa pikir panjang dia langsung mengangkatnya tanpa mencabut kabel charger. Hasilnya adalah, aliran listrik yang besar masuk ke dalam hpnya dan meledak. Pemilik hp langsung terbanting ke lantai dan jatuh pingsan.

-  Baterai smartphone memang lebih boros karena sering digunakan, misal masa pakainya hanya sehari. Tetapi dianjurkan ngecas smartphone di mobil hanya untuk keadaan darurat. Jika sering isi ulang baterai, ini dapat merusak elemen baterai sehingga memperpendek umur baterai. Dapat juga menyebabkan batrai meledak saat di isi ulang.

-  Menggunakan hp ketika charging di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti kasur / ranjang juga dapat mendatangkan bahaya. Karena hp menerima listrik dan di sisi lain mengeluarkan listrik. Perlu diketahui bahwa baterai smartphone yang kita gunakan mengandung bahan yang mudah terbakar.

 

Jadi, bagaimana menghindari hp kita dari ledakan? Ini beberapa tips agar kejadian dan insiden mebahayakan tidak terjadi pada diri kita:

1. Jangan menggunakan baterei imitasi, dan usahakan gunakan baterai hp yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memproduksinya.

2. Jangan charging terlalu lama. Cabut ketika sudah penuh

3. Jangan melakukan isi ulang baterai di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti kasur / ranjang, apalagi bensin.

4. Hindari menelepon terlalu lama. Ketika hp kamu overheat, diamkan dulu sampai dingin baru gunakan lagi.

5. Jangan mengangkat telepon ketika lagi charging

6. Jika merasakan panas berlebih pada perangkat khususnya ketika sedang di-charge, segera lepaskan perangkat dari charger dari listrik kalau tidak memungkinkan, menjauh dari perangkat anda

7. Hindarkan baterai dari paparan panas tinggi seperti dashboard mobil yang terpapar sinar matahari atau terkena paparan langsung sinar matahari.

 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar