Logo Eventkampus

Taukah Kamu? Ini Dia Beberapa Fakta Menarik Bambu

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Taukah Kamu? Ini Dia Beberapa Fakta Menarik Bambu

bambu adalah tanaman yang beruas dan berongga di bagian batangnya yang merupakan tanaman anggota jenis rerumputan atau rumput-rumputan.

Bambu juga berakar serabut sama dengan pohon kelapa. Tapi ternyata bambu memiliki banyak fakta menarik lho. Berikut fakta menarik tentang bambu.

1. Lebih Banyak Memproduksi Osigen Dari Pohon Lainnya.

Produksi oksigen pohon bambu ternyata 35 persen lebih banyak daripada pohon berkayu lain. Nah, jadi kalau mau udara dapat udara yang sejuk, menanam pohon bambu di sekitar rumah bisa jadi pilhan yang bagus lho. Kalau begini mari memperbanyak menanam bambu supaya  semakin banyak oksigen.

2. Bambu Merupakan Tanaman Dengan Tumbuh Paling Cepat

Ternyata bambu memiliki kecepatan tumbuh yang mengerikan. Bambu memegang rekor dunia sebagai tanaman yang paling cepat tumbuh di dunia. Kecepatannya adalah 35 inci atau sekitar 89 cm per hari. Jadi pohon bambu  bisa tumbuh sepanjang hampir 4 cm hanya dalam satu jam.

Selain itu, pohon bambu juga bisa tumbuh hingga sangat tinggi. Pohon bambu tertinggi yang pernah tercatat adalah spesies Dendrocalamus giganteus alias bambu raksasa Asia, yang bisa tumbuh sampai setinggi 50 meter. Ini merupakan fakta yang menakjupkan.

3. Bamabu Lebih Kuat dari Besi dan Beton

Bambu lebih kuat dari besi dan beton dalam hal kekuatan tarik atau tensile strength.

 Jika sebatang bambu dan sebatang besi dengan diameter yang sama ditarik dengan gaya yang sangat besar, maka besi akan lebih dulu patah daripada bambu. Selain itu, bambu juga lebih kuat dari beton lho, yaitu dalam hal menahan hantaman. Menakjupkan bukan.

4. Bambu Anti Bakteri 

Ternyata bambu memiliki kandungan anti bakteri. Bambu secara alami memiliki anti bakteri. Maka pakaian yang terbuat dari serat bambu tentu lebih tahan bakteri sehingga tidak cepat bau dan tidak perlu terlalu sering dicuci. Penggunaan lain yang cocok adalah untuk membuat perban anti bakteri, sehingga bisa menutup luka tanpa khawatir terjadi infeksi.

5. Bagian dari Bambu Dapat Dikonsumsi

Tunas bambu muda atau biasa disebut rebung adalah jenis sayuran yang umum diolah dan disantap di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Rebung termasuk makanan yang sehat karena rendah kalori, mengandung serat dan vitamin serta mineral. Rebung kebanyakan diburu oleh orang bukan karna rasanya yang enak tapi juga memiliki khasiat yang menakjupkan.

Itulah beberapa fakta menarik dari bambu

Semoga Bermanfaat :)


Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang
11 Februari 2020

Komentar