Logo Eventkampus

5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem Agar Tetap Sehat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem Agar Tetap Sehat

     Istirahat cukup bisa jadi senjata untuk menghadapi cuaca esktrem. Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini tentunya membuat khawatir, hujan deras hingga panas ekstrem membuat tubuh kita harus ekstra menghadapi perubahannya.

    Tak jarang beberapa penyakit seperti demam, influenza, diare hingga demam berdarah menjadi beberapa salah satu penyakit di cuaca ekstrem seperti ini.

    Lalu bagaimana caranya agar tubuh kita tetap terjaga saat menghadapi cuaca ekstrem? Yuk cek 5 tips sehat menghadapi cuaca ekstrem berikut ini:

1. Istirahat cukup

  Daya tahan tubuh menurun disebab kan karena kurangnya istirahat akibat dari padatnya aktifitas.

 Tubuh hampir sama seperti smartphone yang Anda gunakan. Saat daya baterai smartphone habis maka butuh di charge agar tetap maksimal.

   Begitu juga dengan tubuh kita yang memiliki limit yang harus kembali diisi dayanya dengan istirahat yang cukup.

2. Jaga kebersihan dan lingkungan

 Mandi dan mencuci tangan dapat mengurangi kuman-kuman jahat yang menempel di kulit kita. Selain itu jangan lupa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar tubuh tetap sehat.

3. Olahraga yang teratur

  Rasanya malas berolahraga ditambah lagi cuaca di luar sedang ekstrem?

 Jadi jangan malas, olahraga dapat melancarkan metabolisme dan dapat menjaga berat badan kita. Cobalah lakukan olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di dalam ruangan seperti yoga.

4. Menjalankan pola makan sehat

   Cuaca yang dingin memang nikmatnya sambil mengonsumsi mie instan. Tapi makanan instan atau cepat saji tidak baik untuk kesehatan.

 Dalam menghadapi cuaca ekstrem seperti ini, mengganti makanan instan tersebut dengan buah atau sayur segar yang mengandung banyak vitamin dan mineral dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Perlindungan tambahan untuk tubuh

   Jika Anda sudah lakukan semua, maka ada satu perlindungan tambahan yang dapat melindungi tubuh secara optimal yaitu dengan melakukan vaksinasi.

 Vaksinasi sangat berguna untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

  Untuk hadapi cuaca ekstrem dingin, vaksinasi flu sangat direkomendasikan karena udara dingin dan kering sebabkan virus influenza lebih dapat bertahan lama.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar