Logo Eventkampus

Mahasiswa UNS Ciptakan Disinfection Chamber untuk Kurangi Resiko Penularan Covid-19

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa UNS Ciptakan Disinfection Chamber untuk Kurangi Resiko Penularan Covid-19

UNS – Sebuah langkah kreatif telah dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan membuat sebuah alat bernama Disinfection Chamber. Alat ini bertujuan untuk mengurangi resiko penularan Covid-19.

Beberapa mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan Disinfection Chamber adalah Ilham Wahyu Kuncoro yang merupakan mahasiswa lulusan Program Pendidikan (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) angkatan 2015, Kukuh Mukti Wibowo lulusan Prodi PTM angkatan 2014 yang saat ini melanjutkan studi S2 di Teknik Mesin UNS, Atang mahasiswa Prodi PTM angkatan 2016, dan Miftahul Maarif yang merupakan mahasiswa lulusan S2 Fisika tahun 2019. Keempat mahasiswa ini dibimbing oleh Dr.Eng. Nugroho Agung Pambudi.

Saat dihubungi tim uns.ac.id, pada Rabu (25/3/2020), Kukuh mengaku alat ini dapat digunakan bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan pekerjaan dari rumah.
“Tujuan alat ini diciptakan adalah mengurangi resiko penularan Covid-19, di mana beberapa warga yang beraktivitas di luar sehingga tidak bisa melakukan work from home. Alat ini akan menyemprotkan disinfektan keseluruh tubuh atau pakaian, harapannya dapat membunuh kuman atau virus yang menempel pada tubuh atau pakaian. Jadi, alat ini sebagai pelengkap pencegahan,” ujar Kukuh.

Proses pembuatan disinfection chamber ini memakan waktu 4 hari. Alat ini dibuat dengan sesederhana dan semurah mungkin. Juga, dibentuk modular sehingga mudah dipasang dan diaplikasikan di berbagai tempat. Untuk proses produksi selanjutnya akan dibuat sesuai pesanan yang ada. Untuk penjualan disinfection chamber ini rencana akan dipatok harga dengan kisaran Rp. 1.500.000,00. Saat ini, Kukuh dan teman-temannya dapat memproduksi 2 alat per hari.

Kukuh mengaku, ia dan teman-temannya berinisiatif membuat disinfection chamber untuk ikut andil mengambil peran dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 mengingat kota Surakarta dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19.
“Sebenarnya alat ini sudah di buat di beberapa daerah, seperti yang ada di Surabaya, Jakarta dan beberapa daerah. Kami sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin memiliki inisiatif untuk ikut membuat sebagai penanggulangan penyebaran virus Corona. Ide awal kami terinspirasi dari negara Vietnam yang memiliki alat tersebut di beberapa ruas jalan raya di negara tersebut. Mengingat kasus Corona di Solo sudah meningkat dan Solo menjadi daerah red zone,” papar Kukuh.

Keunggulan disinfection chamber yang berhasil mereka buat adalah murah dan mudah dalam proses produksi sehingga masyarakat umum pun dapat membuat alat ini.
“Keunggulan prototipe pertama ini adalah murah dan mudah diproduksi, dan mudah dalam perakitannya, sehingga masyarakat umum juga bisa membuatnya dengan mudah,” terang Kukuh.

Kedepannya, Kukuh berharap agar alat yang telah mereka buat dapat bermanfaat secara luas dan memutus penyebaran Covid-19. Untuk pendistribusian disinfection chamber, sementara ini prototipe yang sudah jadi akan diletakkan di kampus UNS Pabelan. Selain itu rencananya mereka akan memberikan buku panduan atau pun poster pembuatan ke masyarakat secara luas.

“Semoga alat ini bisa memutus virus corona dan bisa dimanfaatkan khalayak banyak,” harap Kukuh. Humas UNS/Zalfaa



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-update/mahasiswa-uns-ciptakan-disinfection-chamber-untuk-kurangi-resiko-penularan-covid-19.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Dorong Jiwa Wirausaha Kreatif, HMPSKP UNS Gelar EFFECT 2019
08 Desember 2019
Rektor UNS Tandatangani MoU dengan University of Electro Communication Japan
13 Januari 2020
Dosen UNS Paparkan Tips Mencegah Virus Corona
28 Januari 2020
Cegah Virus Corona, UNS Kembangkan Jahe Merah
21 Februari 2020
CIS Plus Buatan Mahasiswa UNS Berhasil Raih Medali Emas di Malaysia
27 Februari 2020
Mahasiswa UNS Berjaya di Ajang Duta Genre Surakarta
04 Agustus 2020

Komentar