Tantangan SDM pertanian Indonesia di generasi z

access_time | label Ngampus
Tantangan SDM pertanian Indonesia di generasi z

Taukah kalian? generasi z merupakan generasi yang memiliki kelahiran dari tahun 1995-2010 mereka merupakan generasi yang akan meneruskan generasi milenial dan jumlahnya sudanh mencampai 60 juta jiwa saat ini yang ada di Indonesia, dan para ahli mengatahakn bahwa generasi z merupakan generasi NET yang merupakan bertumbuhnya  teknologi , dan generasi z juga jauh lebih bagus dan memilki keawasan terhadap dampak buruknya dari negatifnya teknologi. Dan generasi z memiliki perbedaan dalam bersikap dan memiliki karakteristik yang berbeda.

Dan keuntungan dari generasi z mereka menikmati dari adanya pertumbuhan perkembangan digital yang sangat cepat, memiliki cita-cita yang ditinggi dan ambisius terhadap apa yang diperoleh, dan dapat dengan mudah untuk mencari informasi.

dampak buruknya terhadap generasi z  untuk  mendapatkan sesuatu dengan instan dan memiliki jiwa kebebasan, dan generasi z memiliki  jiwa yang kritis dalam bertindak dan dapat memilih  informasi yang baik, dan generasi z sangat memiliki karakteristik untuk serba instan dan membelakangi apa itu proses. Namun setiap generasi pasti memiliki jiwa dan karateristik yang berbeda.

Dan tantangan mengenai sumberdaya manusia pertaniaan di Indonesia diera generasi z yaitu :

Harus...........

Memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi 

Sumber manusia yang ada diindonesia yang bergerak di bidang pertanian juga harus memilki kemampuan dalam menggunakan teknologi, dengan begitu petanian yang ada diindonesia kedepan akan bisa lebih baik dan dapat mempermudah dalam mengurus dan merawat baik dalam sistem budidaya maupun dalam sistem pemasaran dan penjualan , dengan adanya teknolgi seluluruh kegiatan dapat terpantau dengan adanya sistem teknologi dan dapat diperhitungkan dan diprediksi lebik baik dalam risiko yang akan ditanggung nantinya. Dengan adanya teknologi kekuatan dalam perekonomian yang ada diindonesia juga akan dapat ditingkatkan, dengan begitu sumberdaya manusia yang bergerak dibidang pertanian harus mendapatkan seputar penyuluhan dengan adanya teknologi yang berkembang pesat di masyarakat Indonesia maupun dunia. Dengan begitu kualitas sumberdaya manusia juga akan memiliki kemampuan dan skill yang cukup baik.

Ambisius 

para generasi z memiliki tujuan yang cukup ambisius dan tantangan dalam sumberdaya manusia penting dimiliki apa lagi dibidang pertanian, mereka juga harus memiliki rasa optimis yang kuat dan harus memiliki jiwa yang cukup baik semangat untuk mendapatkan apa yang harus didapatkan.

Kurangi hal yang Instan 

Dalam generasi z instan merupakan hal yang sangat digemari baik dari kemudahan dalam mencari informasi, bergaul , bersosialisasi, dan dalam mencari menu makanan , semuanya pokonya.. serba instan. Dan tantangan kedepannya apa kah mau generasi z dapat melakukan kegiatan bercocok tanam yang terbilang cukup lama dan tidak instan , dan di situlah generasi z harus selalu ditanamkan jiwa bahwa didunia pertanian tidak ada yang namanya instan.

Nikmati  proses

Generasi z akan memiliki tantangan yang cukup serius sudah dikatakan pada poit sebelumnya bahwa generasi tersebut sangat terbilang cukup instan dan tidak menyukai apa yang namanya proses, walupun ambisius untuk mendapatkan apa yang harus didapatkan. Didalam pertanian proses merupakan hal yang harus di nikmati mulai dari pemilihan lahan, benih , pupuk cara budidaya , panen dan memasarkannya , semua butuh proses dan tantangannya mereka semua harus bisa belajar dan menikmati proses kehidupan ini bukan hanya jadi generasi yang instan


Mendapatkan  informasi

Dalam mendapatkan informasi generasi z memiliki jiwa dalam memilah informasi baik informasi negatif maupun positif semuanya dapat dicerna dengan baik. Dan tantangannya untuk generasi z dalam pertanian bisa terbilang cukup mudah dan dapat dikembangan dalam melaksanakan kegiatan yang bergerak dibidang pertanian. Tetapi apakah generasi z dapat dengan baik menerapkan dari informasi yang didaptkan. 


Ok .. dalam dunia pertanian saat ini bahwa sumberdaya manusia yang bergerak dibidang pertanian cukup merosot angka presentasi dari tahun ke tahunnya , dan para petani yang ada diindonesia saat ini semuanya berumur , apakah generasi z mau untuk melaksanakan kegiatan tersebut padahal Indonesia bisa dikatakan dan terbilang bahwa sumber daya alam yang cukup berlimpah , namun pertanian bukan hanya bergerk dibidang cocok tanam saja , pokoknya  sumberdaya manusia yang bergerak dibidang pertanian harus memiliki skill yang cukup banyak mulai dari jiwa kepemimpinan yang baik , sosial yang baik , ilmu dalam pertanian yang harus dikuasai , ilmu dalam menejemen akuntansi, teknologi, bisnis , dan semuanya , tetapi apakah mau generasi tersebut dapat menikmati sebuah proses untuk dapat berkolaborasi dengan sumberdaya manusia yang bergerak dibidang masing-masing. Dan harus memiliki jiwa yang tidak instan.

Penulis

foto Diana Safitri
Diana Safitri

Share

Komentar

Komentar