Logo Eventkampus

Jangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan, Kenapa?

access_time | label Konon Katanya
Bagikan artikel ini
Jangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan, Kenapa?

Banyak dari kalian mungkin sudah familiar dengan Pantai Selatan atau Pantai Parangtritis. Untuk kalian yang belum tau apa itu Pantai Selatan atau dimana itu Pantai Selatan, jadi Pantai Selatan adalah sebuah daerah di tepi perairan yang terletak di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Dengan pemandangan yang menakjubkan juga dengan harga tiket masuk yang Worth It tentu saja Pantai Selatan sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Tapi tahukah kamu jika Pantai Selatan sering dikaitkan dengan hal-hal mistis,loh. Disana ada larangan tidak boleh memakai baju warna hijau. Duh,Kira-kira kenapa ya?


Konon katanya kalau kamu memakai baju warna hijau kamu bisa aja ‘diambil oleh penunggu’ disana, orang-orang banyak yang menyebutnya dengan Nyi Roro Kidul.

Kenapa warna hijau? Karena banyak orang mengatakan warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.


Ada salah satu kasus tenggelamnya seorang Pemancing asal Blitar, Jawa Timur yang cukup berhubungan dengan ‘larangan’ ini. Dikabarkan pada 24 Agustus 2020 seorang pemancing bernama Wahyu Setyo Wardani ‘tergulung’ ombak saat berangkat memanjat tebing pinggir laut yang dinamai Tebing Loncor untuk menuju tempat memancing terbaik bersama rekan-rekannya, menurut saksi yang ada pada saat peristiwa naas tersebut terjadi Wahyu memakai pakaian yang berwarna ‘terlarang’ disana, yaitu warna hijau. Lebih tepatnya Singlet berwarna Hijau.

Walau sempat terlihat dan mendapatkan bantuan dari rekannya dengan cara melemparkan tali jaring namun tak sampai ke Wahyu karena jarak mereka yang cukup jauh dan juga rekannya yang menelepon Nelayan Pantai Tambakrejo untuk membawa perahu ke Tebing Loncor, belum sampai perahu datang pria bersinglet hijau itu hilang tergulung deburan ombak di depan mata 12 rekan mancingnya.


Berita dilansir dari ; https://jatim.suara.com/read/2020/08/24/155732/pakai-baju-hijau-wahyu-hilang-terseret-ombak-di-pantai-selatan ;


Nah yeorobun dibalik itu semua,ada alasan logis kenapa kita tidak boleh memakai baju warna hijau di Pantai Selatan. Menurut peneliti Madya Bidang Oseanografi Terapan Pusat Riset Kelautan dan Perikanan Widodo Pranowo dilarangnya kita memakai baju berwarna hijau adalah agar lebih mudah dicari saat (amit-amit) terseret arus atau tenggelam.

Jadi, lebih baik kalau kita kesana memakai pakaian yang warnanya lebih terang dari Hijau, warna Kuning misalnya.


cr picture : https://images.app.goo.gl/5aBbYBNEusDQxZBY8

Penulis

foto Ernestia
Ernestia

Komentar