Logo Eventkampus

Pengertian Email

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pengertian Email

EMAIL

Pengertian Email

Electronic mail atau Email adalah sarana surat elektronik yang memungkinkan pengguna internet saling berkomunikasi dengan mengirim pesan. Rasanya hampir tidak mungkin pengguna internet belum memiliki email, terlebih pengguna android. Email juga dapat dikatakan sebagai hasil peradaban manusia modern dimana tidak terlepas dari aktivitas dan kegiatan sehari-hari manusia.

Sejarah perkembangan Email

Dilansir dari Net History, email sebenarnya sudah digunakan sebelum APRAnet atau Internet digunakan secara luas. Cara kerja email pertama sangatlah sederhana, user komputer hanya meletakkan pesan di user komputer lain, seperti meninggalkan pesan di meja orang lain, yang kini disebut file directory. Namun pada saat itu, email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer saja dalam rangkaian LAN (Local Area Network). Pada tahun 1971, Raymond Tomlinson, programmer asal Amerika mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit. Bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan hottmail.

Manfaat email

  1. Media Pengiriman Surat Dengan Cepat Mengunakan email sebagai salah satu media untuk pengiriman surat merupakan cara yang tepat untuk mengirimkan surat secara cepat. Dengan koneksi internet yang baik, pengiriman surat menggunakan email hanya memerlukan waktu nol koma sekian detik saja. Untuk mengirimkan surat dengan jarak yang jauh, tidak akan menjadi pengaruh lama pengiriman email.
  2. Dapat Digunakan Untuk Pengiriman Dokumen Selain digunakan untuk mengirimkan surat, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen. Dengan layanan file attachmen, maka yang dikirimkan melalui email tidak hanya sepucuk surat saja, namun juga dapat berupa sebendel dokumen. Dokumen yang dikirimkan melalui email haruslah sudah berbentuk dalam soft file.
  3. haring Gambar Dengan Kualitas Bagus Email juga dapat dijadikan sebagai media sharing gambar atau foto. Kualitas sharing gambar menggunakan email sama dengan file aslinya seperti menggunakan bluethoot untuk berbagi gambar. Email tidak mengurangi jumlah pixel ketika dalam proses pengiriman gambar atau foto.
  4. Lebih Efektif Dan Efisien Mengirimkan surat melalui email merupakan cara yang efektif dan efisien dalam mengirimkan surat. Mengirimkan surat menggunakan email tidak perlu datang ke kantor pos, dan lain lain.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar