Logo Eventkampus

Buah Nangka

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Buah Nangka

NANGKA

Pengertian Buah Nangka

Adalah sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae. Pohon nangka memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter hingga 30 meter, batang bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat apabila pada tempat terbuka. Semua bagian pohon nangka apabila terluka atau di lukai akan mengeluaarkan getah putih. Buah nangka memiliki bentuk gelondong memanjang dengan panjang dapat mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. daging buahnya yang berwarna kuning keemasan merupakan perkembangan dari tenda bunga dan apabila sudah matang buahnya akan memiliki bau harum yang sangat menyengat dengan biji bulat lonjong.

Manfaat dan Khasiat Buah Nangka

  1. Mencegah Penyakit Kanker
     di dalam buah nangka terkandung senyawa fitonutrien. Senyawa ini terdiri dari saponin, lignin, dan juga isoplafon yang sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker.
  2. Mencegah Penyakit Anemia
     Buah nangka mempunyai kandungan senyawa zat besi yang bisa mencegah Anda terserang penyakit anemia.
  3. Melancarkan Sistem Pencernaan
     buah nangka juga kaya akan serat yang bisa membantu usus besar Anda mengikat sisa makanan dan membuangnya dari tubuh.
  4. Sumber Energi Tubuh
     Fruktosa atau zat gula alami pada nangka adalah jenis gula yang baik untuk tubuh. Karena gula pada buah bisa menjadi sumber energi dan kekuatan tubuh.
  5. Menurunkan Tekanan Darah
     Senyawa kalium dalam buah nangka juga bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah Anda.
  6. Mencegah Penyakit Jantung
     Buah nangka mengandung banyak kalium. Senyawa kalium ini mampu membantu untuk mencegah penyakit jantung yang berbahaya, seperti serangan jantung yang datang tiba-tiba.
  7. Menyehatkan Tulang
     Kandungan lain yang terdapat dalam buah nangka adalah magnesium. Kandungan ini bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan tulang.
  8. Menyehatkan Mata
     Mengkonsumsi buah nangka secara teratur dapat berkhasiat untuk membuat mata anda tetap sehat. hal ini karena, didalam buah nangka mengandug Vitamin A yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan dan juga memperjelas penglihatan Anda.
  9. Menyehatkan Kulit
     Ternyata, Mengkonsumsi buah nangka secara teratur juga mampu membuat kulit anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit, contohnya kanker kulit, dan lain lain.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar