Logo Eventkampus

POHON BERINGIN

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
POHON BERINGIN

POHON BERINGIN

Beringin yang juga dikenal dengan istilah tanaman ficus benjamina merupakan pohon yang memiliki sifat eukariotik, dimana dinding sel-nya berupa susunan selosa. Sebagian besar jenis tanaman ini mendapat energi dari proses fotosintetis. Sifat lain yang dimiliki adalah saproit, parasit dan epifit serta karnivor.Ficus adalah tanaman yang memiliki jenis dalam jumlah yang sangat banyak. Menurut hasil penelitian, pohon ini terdiri dari lebih 850 macam yang tumbuh di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia dan dimasukan dalam famili Moraceae. Kawasan yang paling banyak memiliki koleksi pohon ficus yaitu Asia Barat Daya dan Timur Tengah. Sejak ribuan tahun lalu tumbuhan ini sudah sering dibudidayakan masyarakat untuk berbagai macam tujuan.

Pohon beringin tidak boleh ditebang Seperti kita ketahui, pohon beringin merupakan salah satu lambang negara Indonesia. Jika melihat pancasila, kita bisa melihat pohon beringin ada di bagian sisi atas perisai garuda. Makna dari pohon beringin tersebut adalah persatuan Indonesia.

Pohon beringin merupakan rumah bagi genderuwo Pohon beringin memang kental dengan nuansa mistik yang cukup kuat. Rindangnya pohon tersebut, dan juga akar-akar panjang yang menjuntai dari batang pohon menyajikan kesan menakutkan bagi orang-orang yang melihatnya. Terlebih, orang-orang zaman dulu juga terbiasa menyampaikan cerita soal pohon beringin yang menjadi rumah bagi para makhluk halus, khususnya genderuwo.

Dilarang kencing di pohon beringin Selain dipercaya bahwa pohon beringin merupakan rumah genderuwo, mitos kaitannya dengan pohon beringin selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah bahwa banyak orang yang dilarang untuk kencing di pohon beringin ini. tidak boleh kencing di pohon beringin dan juga pohon-pohon yang lain tentunya memang hal yang baik dilakukan. Namun demikian, belum diketahui alasan secara pasti mengapa banyak orang yang percaya bahwa tidak boleh kencing di sekitar pohon tersebut. Ada mitos bahwa pohon beringin tersebut merupakan tempat tinggal makhluk halus yang mana ketika pohon tersebut dikencingi tentunya yang punya rumah akan marah akan hal tersebut. Ada yang mempercayai bahwa ketika ada yang kencing di pohon beringin mereka akan terkena penyakit sawan atau penyakit gangguan jin.

Dilarang gelantungan di akar-akar beringin yang menjulur Jika pernah melihat film Tarzan, mungkin kita nggak asing dengan adegan di mana pemuda kekar yang tinggal di hutan tersebut kerap bergelantungan di antara akar-akar pohon yang menjulur di batangnya. Permainan tersebut terlihat sangat seru, namun banyak pendapat yang mengatakan bahwa kita tidak boleh mempraktekkan adegan tersebut pada pohon beringin.

                                                                                                           

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar