Logo Eventkampus

BAHAYA SUSU KALENGAN

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
BAHAYA SUSU KALENGAN

BAHAYA SUSU KALENGAN

Banyak sekali demo mengenai makanan cukup nutrisi dan gizi seimbang. Yakni antara pemenuhan makanan dengan kualitas gizi cukup dan tidak berlebihan bagi tubuh. Misalnya seperti gizi dari karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, dan protein. Jangan sampai ia terkena gizi buruk pada anak dan dewasa. Biasanya kita bisa dapatkan dari makanan sehari hari yang kita makan. Misal seperti nasi, sayur, lauk pauk, serta buah. Sebagai pelengkap, biasanya kita menambahkan susu di akhir sesi makan kita. Dengan karbohidrat sebagai sumber energi dan vitamin untuk badan letih.  Ada juga kelebihan dan kekurangan mineral bagi manusia.

Lantas, jangan asal memilah dan milih susu sembarang. Asal comot susu tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya juga berbahaya. Untuk tambahan informasi, ternyata tidak semua susu itu baik dan layak di konsumsi oleh kita. Banyak sekali jenis susu yang ada dan beredar di masyarakat. Oleh sebab itu, gizi yang harus di penuhi harus dengan susu yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa contoh dari jenis susu yang beredar banyak di masyarakat. Misalnya susu pasteurisasi, susu UHT, susu kambing, susu bubuk, sampai dengan susu kental manis. Menurut penuturan salah satu pakar ahli gizi, memilah susu yang paling baik adalah susu murni yang di peroleh dari proses pasteurisasi. Bahkan, kita juga di tuntut untuk mengerti bagaimana proses memproduksi susu tersebut.

Inilah bahaya susu kental manis

1. Menjadi Pemicu Sesak Napas pada Balita

Untuk para balita sangatlah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kental manis ini. Kandungan gula dan juga lemak yang tinggi tidak baik bagi balita karena balita masih belum kuat untuk menerima gizi dari kandungan susu ini. Tentu, hal ini sangatlah berbahaya karena bisa mengakibatkan lendiri pada tenggorokan. Apabila lendiri ini tidak dibuang, maka bisa membuat anda terkena sesak napas.

2. Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi susu kaleng pada anak kecil juga sangatlah berbahaya karena bisa melemahkan daya tahan tubuh anda. Tubuh yang lemah sendiri bisa membuatnya mudah terkena penyakit, sehingga guncangan dari luar sedikit saja tidak bisa untuk menahannya.

3. Kandungan Kalsium dan Protein Rendah

Banyak orang mengkonsumsi susu sebagai salah satu cara untuk membantu memperkuat tulangnya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa susu kental manis bukanlah sebuah susu, tetapi merupakan makanan penambah rasa. Kandungan kalsium dan protein yang telah ada di dalam susu ini sangatlah rendah. Bukan untuk menambah tinggi tetapi bisa menambah gemuk dan juga obesitas.

4. Resiko Terkena Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang sangatlah populer di Indonesia. Banyak sekali jenis dari penyakit ini mulai dari Diabetes Militus 1 dan Diabetes Militus 2. Orang Indonesia sendiri sering terkena oleh penyakit diabetes karena sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang manis. Sama halnya dengan susu kental manis yang bisa membuat seseorang terkena diabetes.

5. Menyebabkan Kegemukan

Kandungan gula yang tinggi di dalam susu kental manis atau susu kaleng ini membuat para konsumen atau yang mengkonsumsinya mengalami kegemukan. Rasa yang terlalu manis atau gula yang terlalu tinggi ini bisa menyebabkan anda mengalami kegemukan. Tentu, untuk anda yang ingin memiliki tubuh proposional sangatlah tidak disarankan sekali mengkonsumsi susu kaleng.

6. Berpotensi Terkena Obesitas

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Hasnia Suriadi mengatakan bahwa susu kental manis ini memiliki kandungan gula yang sangatlah tinggi. Hal ini sendiri disebabkan karena kandungan karbohidrat yang telah ada di dalam kemasaannya sangatlah banyak. Rasa yang manis di dalam susu ini menyebabkan seseorang terkena obebsitas jika mereka rutin mengkonsumsinya.

7. Memiliki Kandungan Lemak Jenuh yang Tinggi

Kandungan gizi yang sangatlah tinggi pada setiap kemasan susu kental manis ini baik sekali jika di konsumsi oleh orang  dewasa. Tetapi berbeda halnya jika yang mengkonsumsi anak yang berusia dibawah 5 tahun sangatlah berbahaya dan akan berubah menjadi lemak jenuh. Tentu, lemak jenuh sendiri tidak baik baik kesehatan anak-anak.

8. Mengalami Batuk-Batuk pada Balita

Susu kental manis memiliki sajian perkemasan yang sangatlah manis dan hanyalah ditujukan pada seseorang yang sudah besar. Jika ada balita mengkonsumsi susu ini, maka kandungan gizi yang telah ada di dalamnya sangatlah membahayakan. Biasanya jika ada anak balita rutin mengkonsumsi susu kaleng akan mengalami batuk-batuk karena tenggorokan mereka tidak kuat.

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Komentar