Logo Eventkampus

MANFAAT MENGONSUMSI UBI JALAR

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
MANFAAT MENGONSUMSI UBI JALAR

MANFAAT MENGONSUMSI UBI JALAR

Di Indonesia sendiri belum banyak yang menggunakan ubi jalar sebagai makanan pokok, tapi pada kenyataannya ubi jalar mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh. Sementara sejumlah nutrisi di dalam ubi jalar ini baik untuk tubuh. Sebuah ubi jalar berukuran sedang menyediakan 162 kalori, 0 gram lemak, 37 gram karbohidrat (termasuk 6 gram serat dan 12 gram gula), dan 3,6 gram protein sesuai dengan Database gizi nasional USDA.

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten, antioksidan kuat yang dikenal terdapat dalam manfaat sayur sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Warna kulit ubi jalar dapat bervariasi dari kuning, ungu atau coklat tapi tidak peduli apa warna itu, pastikan untuk tidak mengupasnya. Kulit ubi jalar yang manis memberikan kontribusi terhadap sebagian besar serat, kalium dan quercetin.

Dibanding dengan nasi, ubi jalar merupakan makanan diet rendah kalori yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tidak hanya mencukupi kebutuhan karbohidrat anda, namun tetap mempertahankan kestabilan kalori dalam tubuh. Dalam 100 gram ubi jalar hanya mengandung 90 kalori, sehingga cocok dikonsumsi sebagai kudapan dan menu sarapan pagi sehat untuk diet. Konsumsi ubi jalar untuk cara diet karbohidrat saat siang dan malam sebagai pengganti nasi, karena saat itulah tubuh mudah menyerap kalori dengan cepat.

Ubi jalar kaya akan serat dan air sehingga akan membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menahan anda untuk mengonsumsi makanan berkalori dan berlemak yang menyebabkan kegemukan.

Adapun manfaat lain dari ubi jalar

Redakan sakit artritis

Komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar dapat dijadikan pilihan dalam mengatasi artritis. Caranya, kompres bagian yang mengalami sakit akibat artritis dengan air rebusan ubi jalar. 

Baik bagi pencernaan
Kandungan serat pada ubi jalar juga terbilang tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang. Meski kandungan seratnya cukup tinggi, ubi jalar tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. "Sehingga baik bagi lambung dan usus halus," tutur Emilia.
Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. "Serat yang dikandung ubi jalar juga mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam," tambah Emilia. Dengan begitu akan membantu menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Antiperadangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung. 

Mencegah Diabetes

Ubi jalar dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan ubi jalar dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi jalar membuat perbedaan besar juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat, telah meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu ubi jalar sedang memberikan sekitar 6 gram serat.

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

MAKANAN PENGANTI NASI YANG MENGENYANGKAN
11 Juli 2018
Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui
08 Januari 2020

Komentar