Logo Eventkampus

MAKANAN PENGANTI NASI YANG MENGENYANGKAN

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
MAKANAN PENGANTI NASI YANG MENGENYANGKAN

MAKANAN PENGANTI NASI YANG MENGENYANGKAN

Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Selain karena mudah didapatkan, rasanya yang pulen dan mampu mengenyangkan perut menjadikan nasi putih digemari oleh masyarakat. Namun di balik rasanya yang enak, nasi putih sesungguhnya memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu, nasi putih juga mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menyebabkan kegemukan dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sebenarnya, nasi bukanlah satu-satunya makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Ada berbagai makanan sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat menganjal perut anda

Inilah makanan penganti nasi tersebut

1. Kentang

Selanjutnya adalah kentang. Kentang merupakan alternatif pengganti nasi yang populer. Banyak sekali olahan kentang yang sehat, dan tentunya juga lezat. Salah satunya adalah broccoli cheese potatoes. Gurihnya keju sangat nikmat dipadankan dengan kentang dan brokoli. Serat dan vitamin yang terkandung dalam kentang dan brokoli sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan alternatif pengganti nasi yang memiliki banyak jenis olahan. Kacang hijau dapat diolah menjadi bubur sampai eskrim. Kandungan vitaminnya yang cukup lengkap, serta serat yang terkandung dalam kacang hijau dapat membuat kita menjadi lebih sehat.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat yang tinggi. Kandungan lemaknya yang cukup tinggi dapat membuat kita kenyang cukup lama. Meskipun kandungan lemaknya cukup tinggi, lemak yang ada di dalam alpukat merupakan kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Alpukat dapat diolah menjadi salad atau menjadi bahan tambahan isian pada sushi dan sandwich.

4. Oatmeal

Salah satu alternatif makanan pengganti nasi adalah oatmeal. Oatmeal adalah salah satu jenis gandum kaya serat yang dapat membantu mengurangi lemak, terutama kolesterol. Oatmeal atau havermut ini banyak diolah menjadi bubur oat yang dapat dikombinasikan dengan susu dan berbagai macam buah, salah satunya adalah pisang. Karbohidrat dan serat yang terkandung dalam oatmeal dan pisang, serta protein yang terkandung dalam susu, dapat membuat kalian kenyang lebih lama. Sehingga bisa mengurangi porsi ngemil kalian saat jam lapar.

5. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang cukup populer. Salah satu olahannya adalah JaSuKe. Jasuke atau jagung susu keju merupakan makanan yang lagi ngehits sekarang ini. Banyak franchise yang menjual olahan jagung yang satu ini. Manisnya jagung sangat klop dipadukan dengan gurihnya susu dan keju. Menu ini juga bisa menjadi alternatif pengganti nasi untuk sarapan kalian. Selain bahannya mudah didapatkan, cara mengolahnya pun cukup mudah. Sehingga cocok sekali dijadikan menu sarapan.

6. Ubi Jalar

Makanan pengganti nasi yang lain adalah ubi jalar. Ubi jalar terkenal memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat mengenyangkan lebih lama dari pada nasi. Selain itu kandungan vitamin A dan C pada ubi jalar sangat baik untuk tubuh. Kamu dapat mengolah ubi jalar dengan cara direbus ataupun dipanggang.

7. Singkong

Alternatif pengganti nasi untuk sarapan yang terakhir adalah singkong. Singkong merupakan makanan pengganti nasi yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali makanan olahan dari singkong, mulai dari makanan tradisional seperti gethuk dan tiwul, sampai makanan olahan yang kekinian seperti singkong keju. Kandungan karbohidrat dan serat pada singkong sangat baik untuk kesehatan kamu. 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Macam Macam olahan singkong
12 Juli 2018
7 Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui
16 Januari 2020
Manfaat Ketela Singkong
24 Januari 2020
Manfaat Jagung
10 Maret 2020

Komentar