Logo Eventkampus

Manfaat Jagung

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jagung

     Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain.

   Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan. 


1. Baik untuk pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.


2. Sumber energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.


3. Menurunkan kolesterol LDL

Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.


4. Mencegah anemia

Jagung mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.


5. Bantu naikkan berat badan

Jagung dikenal sebagai pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang mampu menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.


6. Bermanfaat untuk jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.


7. Baik untuk mata

Zat karotenoid pada jagung mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata.


8. Sifat antikanker

Antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.


9. Tulang kuat

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.


10. Manfaat saat kehamilan

Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil sebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

TANAMAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI PENYAKIT JANTUNG SECARA ALAMI
11 Juli 2018
TERNYATA DAUN JAMBU BIJI BISA BUAT OBAT SAKIT GIGI
11 Juli 2018
Suka Buah Salak? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan, Baik untuk Daya Ingat hingga Jantung
28 Januari 2020
Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan
28 Januari 2020
Apa saja sih manfaat dari buah pir? Berikut ini beberapa manfaat dari buah pir..
28 Februari 2020
Manfaat Anggrek Hitam Untuk Tubuh:
28 Februari 2020

Komentar