Logo Eventkampus

Manfaat Belalang Goreng yang Person Diketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Belalang Goreng yang Person Diketahui

  Pernah lihat orang mengkonsumsi belalang yang digoreng? Ya, bagi umumnya orang memang menganggap belalang sebagai serangga yang menjijikkan.

   Jangankan untuk mengkonsumsinya, memegangnya saja terkadang enggan. Terbayang bagaimana rasanya?

   Belalang merupakan sebagai pengganti protein ayam, daging hingga ikan. Banyak yang merasa ragu, tapi banyak pula yang mengaku lezat setelah menikmatinya.

    Warga yang telah mencicipi belalang goreng menyebut rasanya gurih dan krispi. Bumbu pedas yang dibuat dengan rasa khas oleh warga setempat membuat orang ingin mencicipi makanan itu lagi.

     Belalang sendiri disebut-sebut sebagai salah satu jenis serangga yang kaya manfaat. Belalang dapat menjadi sumber makanan alternatif karena tingginya protein yang terkandung di dalamnya.

   Meskipun bagi sebagian orang terkesan menjijikkan, ternyata belalang memiliki manfaat yang cukup penting di bidang kecantikan dan kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya:


1. Rendah Kolesterol

Nah, belalang ternyata menjadi pilihan alternatif protein yang memiliki kandungan kolesterol rendah. 

Sumber protein yang kita konsumsi pada umumnya memiliki jumlah kolesterol yang tinggi. Sebut saja daging dan ayam misalnya.

Buat Anda yang butuh sumber protein sehat dengan rendahnya kandungan kolesterol jahat, belalang tentu jadi pilihan yang pas.


2. Membantu Perkembangan Janin

Belalang diketahui memiliki kandungan protein, mineral, vitamin hingga asam lemak esensial yang cukup kaya.

Kandungan ini dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Tetapi apakah konsumsi tersebut aman dan berapa batas jumlah yang dibolehkan, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu pada dokter kandungan.


3. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Belalang kaya dengan unsur-unsur mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi, di antaranya adalah kalsium, fosfor, mangan, zat besi, sodium, potassium dan sebagainya.

Kandungan mineral ini sangat membantu kesehatan tulang dan gigi. Bahkan pada ibu hamil yang sedang mengalami nyeri tulang karena kekurangan kalsium, belalang disebut-sebut bisa membantu mengatasinya.


4. Mengatasi Anemia

Belalang kaya dengan zat besi yang dapat mengatasi masalah anemia. Gejala anemia seringkali terjadi pada ibu hamil, sehingga konsumsi belalang memang disarankan bagi ibu hamil atas rekomendasi dokter.


5. Merawat Kecantikan Kulit

Belalang mengandung vitamin E yang dibutuhkan untuk membuat kulit terlihat lebih muda.

Vitamin ini mampu mencegah penuaan dini yang umumnya terjadi pada mereka yang berusia memasuki kepala tiga.

Selain itu vitamin E juga bekerja membantu merawat kesehatan rambut. Kecantikan kulit dan rambut akan terbantu setelah Anda mengkonsumi belalang.


6. Mencerdaskan Otak

Protein merupakan nutrisi bagi otak. Belalang dikenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi, bisa menggantikan protein yang ada pada daging, ikan dan ayam.

Oleh karena itu, selain harganya yang lebih murah jenis protein ini juga lebih sehat untuk tubuh karena rendah kolesterol. Protein akan membantu daya pikir lebih baik, dan otak pun bisa lebih cerdas.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Daun Binahong
26 Juli 2018
Biar Kain Perca Ngga Terbuang Sia-sia, 5 Kreasi Tak Biasa Ini Bisa Kamu Coba
30 Desember 2019
Manfaat Bunga Daun Pepaya
30 Januari 2020
Manfaat Daun Semanggi untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya
03 Februari 2020
Manfaat Buah Salak
09 Maret 2020
Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan Tubuh
10 Maret 2020

Komentar