Logo Eventkampus

7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Beberapa penelitian telah membuktikan, manfaat yang ada pada daun kelor bukanlah mitos. Bahkan daun kelor kini juga menjadi salah satu komponen dalam berbagai obat-obatan. Disarikan dari berbagai sumber, terdapat 7 manfaat daun kelor bagi kesehatan


1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin, protein, zat besi magnesium, dan riboflavin pada kelor mampu memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes
Kandungan antioksidan pada daun kelor dapat melawan berbagai radikal bebas yang ada dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, menyebabkan stress oksidatif, resiko diabetes miletus tipe 2 bahkan penyakit jantung. Nah senyawa antioksidan dalam kelor, juga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan peradangan
Dalam beberapa penelitian, membuktikan bahwa daun kelor memgandung senyawa isotiosianat yang dikenal sebagai zat antiperadangan.

4. Mencegah kanker
Ekstrak daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Bahkan saat ini telah banyak yang menggunakan daun kelor dalam membantu kemoterapi.

5. Menurunkan kolesterol
Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Beberapa ahli kesehatan melakukan penelitian pada manusia dan hewan memnuktikan bahwa daun kelor dapat menurunkan kolesterol.

6. Mencegah anemia
Daun kelor mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi tersebut dapat memproduksi hemoglobin dan menjaga fungsi otot, sehingga berfungsi untuk mencegah anemia.

7. Mengatasi infeksi bakteri
Pada daun kelor terdapat bahan yang bersifat antimikrobial yang dipercaya mampu memusnahkan bakteri atau racun dalam tubuh, sehingga daun kelor berpotensi mengatasi infeksi akibat bakteri.

Demikian manfaat daun kelor bagi kesehatan. Selamat mencoba :)

(Ardian Setiawan)

Penulis

foto Ardian Setiawan
Ardian Setiawan
Siswa SMK N 2 KARANGANYAR dari kelas RPL A

Artikel Terkait

Obat Segala Penyakit! Konsumsi Bawang Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong
06 Januari 2020
7 Manfaat yang Didapat Kalau Kita Rutin Membaca, Sudah Tahu?
08 Januari 2020
1001 Manfaat Pohon Kelapa
13 Februari 2020
Manfaat Konsumsi Buah Pepaya
13 Februari 2020
Manfaat Sarapan Pagi
12 Maret 2020
Manfaat Kacang Hijau
12 Maret 2020

Komentar