Logo Eventkampus

Manfaat Minyak Kemiri

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Minyak Kemiri

     Manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat beragam, terlebih untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Minyak kemiri bisa kamu peroleh dengan mudah di pasaran bahkan membuatnya sendiri di rumah.

    Minyak kemiri banyak di gunakan untuk perawatan rambut secara tradisonal. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapat dari adanya kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

      Manfaat minyak kemiri untuk rambut pertama untuk menutrisi rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Berikut tujuh manfaat minyak kemiri untuk rambut .


1. Mengatasi Rambut Rontok

Apabila kamu memiliki masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengtasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan protein dan mineral yang terkandung di dalam kemiri. Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.


2. Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya mampu mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.


3. Jadikan Rambut Lebih Hitam

Mempunyai rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, enggak semua orang beruntung mendapatkannya sejak lahir.

Apabila kamu berkeinginan untuk mendapatkan rambut lebih tebal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bersinar tanpa perlu mewarnainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri secara rutin dan sabar.


4. Memperkuat Akar Rambut

Salah satu penyebab rambut mudah rontok diakibatkan akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut.


5. Menumbuhkan Rambut

Apabila kamu memiliki masalah dengan kebotakan, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk membantu mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu membantu mengatasi kebotakan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.


6. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Masalah rambut yang membuat banyak orang sebal selain rontok, kering, dan bercabang adalah munculnya uban. Terlebih jika uban tersebut muncul pada usia muda.

Sebenarnya munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut ini, kamu bisa melakukan perawatan rutin dengan mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut secara rutin. Dengan begitu uban akan secara perlahan menghilang.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Daun Binahong
26 Juli 2018
Biar Kain Perca Ngga Terbuang Sia-sia, 5 Kreasi Tak Biasa Ini Bisa Kamu Coba
30 Desember 2019
Manfaat Bunga Daun Pepaya
30 Januari 2020
Manfaat Daun Semanggi untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya
03 Februari 2020
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
06 Maret 2020
Manfaat Buah Salak
09 Maret 2020

Komentar