Logo Eventkampus

Khasiat Daun bebentuk hati | Daun Binahong

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Khasiat Daun bebentuk hati | Daun Binahong

Anredera cordifolia atau yang lebih dikenal dengan tanaman binahong ,tumbuhan tropis yang merambat..Daun binahong bebentuk hati berupa sekulen berwarna hijau dan merah, serta bunganya sangat harum. Sejak puluhan ribu tahun lalu tanaman ini digunakan sebagai obat tradisonal Cina, Taiwan, dan Korea. Beberapa tahun terakhir tanaman ini diteliti oleh para peneliti Indonesia dan Malaysia. Terlebih lagi sekarang banyak riset di Indonesi meneliti daun binahong hingga menjadi populer di Indonesia.

Penelitian - penelitian yang dilakukan membuahkan hasil, bahwa daun binahong mengandung bahan zat zat kimia yang dapat digunakan untuk pengobatan.

Beberapa kandungan yang penting dalam daun binahong :

1.       Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radial bebas yang berbahaya bagi tubuh serta bersifat karsinogen.

2.       Alkolid bermanfaat menurunkan kadar gulan yang baik bagi penderita diabetes serta bersifat hipoglikemik.

3.       Saponin bermanfaat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah jadi baik bagi kesehatan jantung.

Tanaman ini dapat menjadi obat herbal yang mengatasi berbagai penyakit seperti :

1.       Mengatasi jerawat

       Kandungan zat yang terdapat didalam daun binahong secara efektif membunuh bakteri                               yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain untuk menyembuhkan jerawat, juga dapat mengatasi komedo dan flek hitam serta mencerahkan wajah.

Cara menggunakan, Kamu bisa menggunakan daun binahong sebagai obat luar sebagai masker. Haluskan daun binahong lalu gunakan pada wajah dan tunggu selama 15 - 30 menitan, gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

2.       Mencegah penyakit jantung

        Mengonsumsi daun binahong sangatlah baik untuk kesehtan jantung. Karena kandungannya dapat menurunkan kolestrol jahat yang menyebabkan serangan jantung.

Cara mengonsumsinya, seduh daun binahong dengan air panas. Lalu tambahkan sedikit gula ataupun madu agar terasa lebih sedap, konsumsilah 2 kali dalam sehari.

3.       Mencegah Diabetes

        Daun binahong dapat mengontrol pengidap penyakit diabetes. Menjaga pola makan dan meminum air rebusan daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh.

4.       Menyembuhkan luka

        Daun binahong dapat menyembukan luka , memar dan luka bekas operasi dengan cepat. Tumbuklah daun binahong lalu ratakan pada bagian yang luka agar mempercepat penyembuhan

5.       Mengobati Maag

        Daun binahong baik untuk pencernaan. Penyakit maag yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang lebih. Mengonsumsi daun binahong dapat menormalkan asam lambung.

6.       Mengobati Asam Urat

         Asam urat menyebabkan nyeri pada persendian. Daun binahong berguna menurunkan kadar purina dalam tubuh. Meminum rebusan daun binahong secara rutin dapat menyembuhkan penyakit asam urat.

Diatas manfaat daun binahong yang dapat Kamu coba sebagai pengobatan herbal untuk kesehatanmu,,

 

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Artikel Terkait

Manfaat Daun Binahong
26 Juli 2018

Komentar