Logo Eventkampus

Manfaat Daun Binahong

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Binahong

Tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman yang berumur panjang dan memiliki tangkai yang cukup pendek. Daunnya memiliki ujung yang runcing dan pangkalnya berlekuk dan tentu saja bisa dimakan. Fakta lain yang juga perlu Anda tahu mengenai daun ini ialah ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak sehingga seringkali digunakan sebagai tanaman obat. Namun sayangnya memang masih sedikit orang yang menyadari manfaat daun binahong ini.

Nah, agar Anda bisa lebih mengetahuinya, ini lho beberapa manfaat daun binahong yang sangat penting bagi tubuh.

1. Bisa Mengobati Penyakit Maag

Penyakit yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit sejuta umat di Indonesia. Meskipun sudah ada cukup banyak obat untuk sakit maag saat ini, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan tradisional terlebih dahulu.

Cara menggunakan daun binahong untuk sakit ini juga cukup mudah, yakni dengan merebus sekitar 7 daun dengan 3 gelas air. Jika sudah matang, Anda tinggal meminumnya 3 kali dalam satu hari.

2. Bisa Mengobati Kanker

Jika maag menjadi penyakit sejuta umat, kanker merupakan penyakit yang lebih elit dan jauh lebih membahayakan. Untungnya, kandungan antioksidan yang sangat banyak pada daun ini dan kandungan baik lainnya bisa membantu Anda dalam melawan kanker.

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong untuk penyakit ini, Anda tinggal merebus sekitar 30 gram daun binahong dengan air mendidih sebanyak 1 liter. Rebus hingga airnya berkurang, dan terakhir tinggal mengonsumsinya 3 kali sehari.

3. Bisa Mengobati Luka

Kandungan baik lainnya yang ada pada daun binahong ialah asam arkobat dan minyak atsiri, kedua kandungan tadi sangat bermanfaat untuk mengobati luka, karena bisa berperan sebagai antiseptik alami. Caranya juga cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun ini hingga halus dan langsung mengoleskannya pada bagian tubuh yang sedang terluka

4. Bisa Mengobati Jerawat

Masalah lain yang juga seakan tiada habisnya untuk para wanita ialah masalah jerawat. Namun kini tidak lagi jika Anda sudah tahu manfaat daun binahong yang satu ini dan rajin menggunakannya. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan menumbuk sekitar 5 lembar daun hingga halus, lalu mengaplikasikannya pada wajah Anda.

Nah, sebelumnya Anda tidak menyangka bukan bahwa manfaat daun binahong ini cukup banyak dan langsung bisa Anda praktikkan setelah ini? Tentu saja jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik dan cepat, Anda harus menggunakannya dengan rutin dan telaten. Selamat mencoba.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

MANFAAT SAWO YANG JARANG KAMU KETAHUI
12 Juli 2018
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E
13 Juli 2018
Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan
29 Januari 2020
Manfaat Bunga Daun Pepaya
30 Januari 2020
Manfaat Jahe Merah
06 Maret 2020
Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
06 Maret 2020

Komentar