Logo Eventkampus

Manfaat Pare

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Pare

   Pare adalah salah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Meski cukup melimpah, sayuran satu ini tidak begitu diminati karena rasa pahit yang terkandung di dalamnya.

        Pare mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sering diolah dalam bentuk jus dan tumisan, berikut manfaat tak terduga dari pare yang tidak banyak diketahui.


1. Baik untuk program menurunkan berat badan

Kalau kamu sedang menjalani program penurunan berat badan, mengonsumsi segelas jus pare untuk menu sarapan sangat baik. Dalam segelas jus pare dapat mengandung kalori yang tinggi, sehingga mampu menghindarkanmu dari rasa lapar untuk waktu yang lama.


2. Mengontrol gula darah dan mencegah diabetes

Pare mengandung kinase yang sangat baik dalam mengontrol gula darah. Kinase dalam pare dapat mengendalikan diabetes. Bahkan, pare telah diterapkan sebagai ramuan diabetes untuk pengobatan kuno di China dan India.


3. Membantu kerja ginjal lebih efektif

Pare juga membantu proses metabolisme tubuh dengan baik. Dengan mengontrol kandungan gula darah dengan baik, maka pare juga mempermudah kerja ginjal dalam menyaring darah.


4. Menghilangkan jerawat dan flek hitam Makanan pahit ini berguna membersihkan darah dan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh gangguan saluran peredaran darah. Misalnya seperti bisul, kudis, gatal, dan penyakit akibat jamur.


5. Menjaga kesehatan jantung

Mampu mengontrol kadar gula, pare akan membuat jantungmu jadi lebih sehat. Jika kamu punya catatan kesehatan yang bermasalah dengan jantung, konsumsi pare secara rutin bakal berdampak baik untuk kesehatanmu.


6. Baik untuk penderita asma

Berbagai penelitian telah berhasil membuktikan jika pare adalah salah satu makanan yang mampu meningkat respons indera pengecap. Hal ini juga akan memperlancar sel saluran pernafasan.


7. Mencegah perkembangan kanker di dalam tubuh

Pola hidup masyarakat sekarang yang tidak teratur dengan konsumsi makanan cepat saji dapat berdampak besar untuk perkembangan kanker. Kandungan zat lesichin yang tinggi juga dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
06 Juli 2018
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
Rajin Konsumsi Ramuan Seledri Bisa Obati 5 Penyakit Ini. Mujarab Banget!
24 Januari 2020
Suka Buah Salak? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan, Baik untuk Daya Ingat hingga Jantung
28 Januari 2020
Manfaat Konsumsi Buah Pepaya
13 Februari 2020
Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan
06 Maret 2020

Komentar