Logo Eventkampus

Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E

Merawat kulit dengan memperhatikan asupan vitamin C dan E sangat penting untuk melindungi kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E

 

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang paling mendapatkan perhatian. Karena itu, wajar ketika banyak wanita yang sangat peduli terhadap perawatan kulit agar selalu terlihat sehat, bersinar, dan awet muda.

Vitamin C merupakan kandungan yang paling banyak dicari dalam hal produk perawatan kulit.

Berikut ini merupakan berbagai keampuhan vitamin C dan E dalam menjaga kulit senantiasa sehat.

  • Manfaat vitamin C dan E

Untuk menjaga kesehatan kulit, banyak yang mengandalkan vitamin C berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini untuk menetralkan radikal bebas yang terbentuk akibat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV), kabut asap, dan asap rokok. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen pada kulit, yaitu zat yang membentuk dasar dari jaringan ikat atau perekat yang menahan sel-sel kulit tetap bersatu.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa vitamin C memberikan efek proteksi terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar UV seperti noda hitam, kulit kusam, serta tanda-tanda penuaan dini. Baik dalam bentuk suplementasi oral maupun topikal oles, vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit.

  • Sumber vitamin C dan E

Vitamin C dapat ditemukan pada berbagai jenis buah beri seperti bluberi dan blackberry, tomat, paprika, dan berbagai jenis jeruk. Sedangkan untuk bahan makanan yang mengandung vitamin E, Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan seperti almon, biji-bijian seperti biji bunga matahari, sayuran hijau, dan minyak sayur.

Vitamin C dan E merupakan mikronutrien yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh. Dalam satu hari, dosis vitamin C yang dianjurkan hanyalah sebesar 90 mg, sedangkan vitamin E sebesar 33 IU.

Dosis maksimal vitamin C dalam satu hari adalah 2000 mg, sedangkan dosis maksimal vitamin E adalah 1100 IU. Normalnya, jumlah ini bisa dipenuhi hanya dari makanan jika Anda menjalani menu makan sehat seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral.

Sering kali, pola makan Anda sehari-hari belum dapat memenuhi kebutuhan vitamin-vitamin ini. Jika Anda tidak yakin apakah menu makan Anda sudah kaya akan vitamin A dan E, Anda bisa menambahkan suplementasi khusus vitamin C dan E demi menjaga kesehatan kulit Anda.

Pemenuhan kebutuhan vitamin C dan E tak hanya penting untuk mendapatkan kulit yang sehat, tapi juga sangat baik untuk memelihara fungsi tubuh secara keseluruhan. Cukupi kebutuhan ini dengan menjalani pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi menu yang bergizi seimbang. Hindari pemberian vitamin secara injeksi atau suntik tanpa adanya indikasi medis yang jelas, karena justru dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
06 Juli 2018
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
13 Manfaat Petai bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Stres, Obati Sembelit, hingga Redakan Mabuk.
02 Januari 2020
Rajin Konsumsi Ramuan Seledri Bisa Obati 5 Penyakit Ini. Mujarab Banget!
24 Januari 2020
Manfaat Konsumsi Buah Pepaya
13 Februari 2020
Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan
06 Maret 2020

Komentar