Logo Eventkampus

6 Manfaat Buah Carica |Buah Carica Pepaya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
6 Manfaat Buah Carica |Buah Carica Pepaya

Pepaya gunung atau sering disebut dengan buah carica. Pohonnya memang hampir sama dengan pepaya. Warna buahnya kuning etrang sama dengan dagingnya inilah perbedaan antara papaya dengan carica. Buah carica memiliki biji yang lebih kecil daripada biji buah papaya, seperti biji markisa yang berlendir. Terdapat getah pada bauh carica getahnya sangat tebal dan jika dikonsumsi atau diolah harus dicuci sampai 3 kali dulu agar getahnya hilang. Para pengolah carica di Wonosobo pun menggunkana sarung tangan agar tangannya tidak terkena getahnya, karena getahnya memyebabkan gatal – gatal serta iritasi bila terkena.

Buah yang pertama kali ditemukan di Amerika Serikat ini hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Karena tumbuhnya hanya di dataran tinggi buah carica sulit ditemukan. Tidak hanya memiliki rasa masam dan segar saja. Namun, buah carica mengandung banyak serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim papain, dan zat agrinin yang bermanfaat bagi kita

Manfaat Buah Carica

1.       Melancarkan proses Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dapat membantu penyerapan protein dalm tubuh. Bagi Kamu yang memiliki masalah pecernaan (BAB), buah ini cocok untuk menyembuhkan masalah pencernaa. Masyarakat Wonosobo biasanya mengonsumsi buah ini secara langsung atau mentah, karena dapat mengatasi tersebut.

2.       Menetralkan bakteri pada usus

Buah carica mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk menetralkan pH dan juga membunuh bakteri jahat dalam usus.

3.       Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah carica baik bagi kesehatan mata, banyak orang yang bermasalah dengan penglihatannya dan mengonsumsi buah carica ini. Walau kandungan vitamin A nya tidak sebanyak di dalam kandungan wortel namun cukup untuk kebutuhan tubuh.

4.       Kesehatan Kulit

Buah carica mengandung Vitamin C dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan pada buah carica dapat menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dipancarkan sinar matahari. Selain itu juga dapat menjaga kelembabapan dan menjaga penuaan dini pada kulit.

5.       Membantu Proses Metabolisme

Vitamin B kompleks pada buah carica sangat membantu proses metabolisme pada tubuh atau biasa diproses lalu menjadi energi. Buah Carica ini biasanya menolong kelaparan sementara.

6.       Mencegah penyakit Kanker

Zat agrinin dalam buah carica bisa mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

Dan itulah manfaat buah carica yang kita ketahui. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat buah carica namun bbelum kita ketahui manfaat lain buah carica . Sekarang produksi buah caraica di dataran Dieng sudah memasuki pasar Internasional . harga buah carica ini sangat ekonomis dan tidak mahal.

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar