Logo Eventkampus

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Manfaat buah ciplukan

 

Ciplukan adalah buah yang punya nama latin Physialis Peruviana. Buah ini adalah sejenis tanaman liar yang juga sering disebut dengan morel berry, golden berry, goose cape berry. Buah ini memiliki rasa manis dengan tekstur daging yang agak lunak. Umumnya buah ini dijadikan sebagai camilan, hiasan kue, dan dijadikan selai.

Satu buah ciplukan (setara dengan 140 gram) mengandung 74 kalori, 15,7 gram karbohidrat, 6 gram serat, 2,7 gram protein, 1 gram lemak, 21% vitamin C harian, 14% kebutuhan tiamin harian, 5% riboflavin, 28% niasin, 7% vitamin A harian, dan 8% zat besi dan fosfor.

Walaupun berukuran kecil, namun buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah ciplukan antara lain:

1.       Mengatasi gejala penyakit parkinson

Penyakit parkinson merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem syaraf, salah satu gejalanya ialah tremor pada salah satu tangan. Konsumsi jus buah ciplukan secara rutin dipercaya dapat menurunkan gejala tremor tersebut.

2.       Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kuning akibat tingginya zat bilirubin dalam darah dan umumnya dialami oleh bayi. Kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid dan polifenol yang ada dalam buah ciplukan dipercaya dapat mengatasi penyakit kuning.

3.       Mengatasi epilepsi

Penyakit epilepsi disebabkan oleh terganggunya aktivitas sel saraf pada otak sehingga penderita mengalami kejang. Selain terapi, mengkonsumsi buah ciplukan 8-10 buah per hari dipercaya bisa mengatasi penyakit epilepsi.

4.       Menurunkan kolesterol

Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner hingga stroke. Mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

5.       Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ciplukan memiliki aktivitas anithiperglikemia yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6.       Mengatasi infeksi kulit

Daun ciplukan bisa mengobati infeksi kulit dengan cara membalurkan luka dengan daun ciplukan yang sudah ditumbuk halus. Tunggu hingga daun menyerap kekulit, kemudian bilas dengan air bersih.

7.       Obat nyeri untuk penyakit lupus

Selain memiliki sifat antihiperglikemik dan antiinflamasi, ciplukan juga memiliki efek analgesic atau antinyeri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ciplukan bahkan bisa mengatasi  nyeri yang dirasakan oleh penderita lupus.

8.       Menjaga kerja saluran kemih

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adakah menjaga kerja saluran kemih. Sumber lain juga mengatakan bahwa daun ciplukan dapat menyembuhkan kencing nanah atau gonore.

9.       Dapat mengatasi beberapa masalah saluran pernafasan

Ciplukan dapat mencegah penyakit paru-paru basah. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin, dapat mencegah asma kambuh. Kandungan antibakteri pada tumbuhan ciplukan dapat mencegah perkembangan bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC.

10.   Mengatasi nyeri sendi dan rematik

Cara mengatasi nyeri sendi adalah dengan menggunakan daun ciplukan untuk mengkompres bagian tubuh yang nyeri. Tumbuk daun dan tambahkan sedikit kapur sirih, kemudian balurkan di tubuh.

11.   Sebagai obat penambah darah

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

12.   Meningkatkan fungsi pengelihatan mata

Buah ciplukan mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid dapat mencegah dari bahaya degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang tua.

Berikut di atas penjelasan mengenai manfaat dari buah ciplukan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.


sumber: doktersehat.com

                hallosehat.com 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar