Logo Eventkampus

Buah Plum dengan Segala Manfaatnya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Buah Plum dengan Segala Manfaatnya

Buah plum ialah buah yang banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa. walaupun buah ini belum dibudidayakan di indonesia, tetapi buah ini mulai popular di sebagian masyarakat indonesia. 

Buah yang memiliki beberapa warna ini mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Zat yang terkandung pada buah plum adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, sodium, kalium, kalsium, tembaga, mangan, fosfor, selenium, seng, betakaroten, beta crypto-xanthin, dan lutein-zeaxanthin. maka tidak heran apabila buah yang memiliki rasa asam manis ini memiliki banyak manfaat.

Beberapa manfaat buah plum bagi kesehatan:

1.       Mencegah Risiko Kanker
Buah plum kaya akan antioksidan seperti lutein, cryptoxanthin, dan zeaxanthin. Zat-zat antioksidan itu mampu menetralkan atau menghadang radikal bebas yang menjadikan penyebab terjadinya degenerasi sel atau yang umum disebut sebagai kanker.

2.        Mencegah Risiko Kerusakan Saraf
buah plum terdapat kandungan vitamin K pada buah unik yang ini mampu berperan untuk menurunkan risiko kerusakan saraf pada penderita Alzheimer, apabila buah kecil ini dikonsumsi secara rutin. Selain itu, adanya vitamin K di dalam buah plum juga mampu menjaga fungsi otak manusia.

3.       Menyeimbangkan Elektrolit dalam Tubuh
Buah plum terdapat kandungan potassium yang tinggi. Senyawa ini baik dalam memproteksi sel serta jaringan dalam tubuh, selain itu buah plum bermanfaat untuk menjaga kestabilan kontraksi pada otot dan mampu menyeimbangkan zat di dalam tubuh, maka akan berpengaruh terhadap keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

4.       Mencegah risiko Diabetes
Buah plum terdapt kandungan karbohidrat, meski demikian Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi orang-orang yang ingin diet gula. Menurut penelitian, buah plum mampu menurunkan gula darah. Karena buah ini mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan proteksi pada resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Dan kandungan serat mampu membantu mengontrol gula darah meningkat akibat mengonsumsi karbohidrat, sebenarnya serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, jadi akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.

5.       Mencegah Risiko Anemia
Anemia merupakan penyakit yang tidak dapat diobati, namun dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menambah sel darah merah. Buah plum juga mengandung zat besi, buah ini memiliki kemampuan untuk mencegah anemia.

6.       Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
dalam buah plum terdapat kandungan antioksidan yaitu vitamin C alami dan kuat. Sehingga buah yang embut ini diyakini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan resistensi pada infeksi penyakit dan dapat menyangkal radikal bebas bila buah ini dikonsumsi secara teratur.

7.       Menurunkan Berat Badan
Buah plum terdapat kalori yang rendah (46 kalori per 100 gr) dan hanya mengandung asam lemak yang tidak jenuh. Maka buah plum sangatlah cocok untuk diet. Dan buah asam manis ini mempunyai aroma yang enak dan daging yang lembut, jadi buah ini sangat cocok untuk diet yang menyenangkan hati.

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar