Logo Eventkampus

Manfaat Talas Untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Talas Untuk Kesehatan

Talas adalah jenis umbi-umbian yang memiliki kaya akan nutrisi yang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat di kreasikan menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat. Mulai dari makanan utama pengganti nasi, sup, puding, bolu, dan lain sebagainya.

Dan berikut ini kita akan membahas tentang manfaat talas bagi kesehatan kita nih, manfaatnya sebagai berikut:

1.      Dapat mengatasi masalah pencernaan

Talas dapat menjaga kesehatan lambung dan usus lho! Talas dapat membuat makanan yang dicerna dan diserap lambung dan usus menjadi lebih lancar. Talas juga dapat mengurangi masalah pencernaan, seperti kembung, diare, produksi gas berlebih, dan kram perut.

2.      Dapat merawat kesehatan kulit dan rambut

Memiliki kandungan vitamin A, E dan B6, talas dapat membantu memperbaiki sel kulit. Dengan mengkonsumsi talas secara rutin, kulit akan lebih bersinar dan noda hitam  menghilang secara alami. Untuk kulit yang kepala kering, vitamin E dalam talas dapat memberikan kelembapan pada rambut.

3.      Dapat membantu masalah penglihatan

Dalam talas terdapat vitamin A, yang berguna untuk membantu penglihatan lebih jernih.

4.      Dapat mengatasi masalah darah tinggi

Talas mengandung potassium yang dapat mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Maka dari itu dapat dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

5.      Baik untuk penderita diabetes

Talas mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes.

6.      Dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan aliran darah

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

7.      Membantu menjaga berat badan

Talas memiliki manfaat untuk membantu menjaga berat badan. Tapi, tetap harus diiringi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang rutin ya.

8.      Dapat meningkatkan kekuatan tulang

Talas ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan tumbuhan sejenisnya. Ketika mendapat asupan kalsium dalam jumlah cukup, maka tulangmu akan menjadi lebih padat dan kuat.

9.      Dapat mencegah penyakit jantung

Manfaat serat pada talas tak hanya untuk menjaga kadar gula darah, tapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung.

10.  Menjaga Kesehatan Mata

Umbi talas mengandung berbagai jenis zat antioksidan, termasuk beta karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini bisa membantu memperbaiki penglihatan, dengan cara mencegah radikal bebas menyerang sel-sel mata yang menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

Itulah beberapa manfaat dari talas yang mungkin harus kalian ketahui ya. Dan semoga info ini membantu.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar