Logo Eventkampus

13 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
13 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Lemari es berfungsi membantu untuk mengawetkan makanan yang belum tentu dapat dihabiskan dalam sehari ya. Namun, banyak sebagian orang senang memasukkan segala bahan makanan ke dalam kulkas. Padahal tidak semua bahan makanan bisa disimpan di lemari pendingin. Sebab cara tersebut justru bisa menyebabkan bahan-bahan makanan tertentu menjadi cepat rusak dan menyebabkan bau tidak sedap pada kulkasnya. Dan berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas:

1.      Kopi

Kopi seharusnya disimpan dalam kontainer kedap udara. Menyimpannya di dalam kulkas akan memberi efek buruk pada rasa yang dihasilkan. Struktur selnya akan berubah, yang menyebabkan aroma kopi hilang.

2.      Buah Berry

Buah berry yang disimpan di kulkas akan mengakibatkan berry kering dan rasanya menghilang.

3.      Kentang

Kentang juga merupakan salah satu bahan makanan yang cepat membusuk jika terkena suhu dingin, oleh karena itu usahakan menyimpan kentang dalam udara terbuka saja, lebih awet.

4.      Saus

Meskipun memiliki suhu lebih dingin, saus makanan justru akan cepat membusuk jika disimpan dalam kulkas, lho. Suhu terbaik untuk mempertahankan kualitas saus adalah pada suhu ruangan.

5.      Kacang-Kacangan

Untuk jenis kacang-kacangan, kalian tidak disarankan untuk menyimpannya ke dalam ruangan kulkas, dikarenakan suhu kulkas akan mengurangi rasa gurihnya, karena kulit kacang dapat menyerap bau makanan lain.

6.      Roti

Karena dibuat tanpa bahan pengawet, roti juga termasuk bahan makanan yang cepat berjamur. Namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menyimpan roti ke dalam kulkas, karena justru akan menjadi keras dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Sebaliknya, simpan dalam plastik atau kertas dan letakkan pada suhu ruangan.

7.      Pisang

Tingkat kematangan pisang yang disimpan dalam kulkas dan suhu ruangan tentu berbeda, akan lebih segar kalau mengonsumsi pisang di luar kulkas. Suhu dingin kulkas justru akan membuat pisang cepat berubah warna menjadi coklat atau hitam, dan membuatnya cepat membusuk.

8.      Madu

Cara terbaik menyimpan madu adalah membiarkannya berada pada suhu ruangan. Kalau dimasukkan ke dalam kulkas, suhu dingin akan membuat madu menjadi lebih pekat, mengeras bahkan mengkristal. Madu yang disimpan lama dalam kulkas juga akan kehilangan nutrisinya, lho.

9.      Minyak

Jangan menyimpan minyak apapun ke dalam lemari pendingin, hal ini akan membuat minyak menjadi kental dan keruh.

10.  Tomat

Tomat yang disimpan di kulkas akan lebih cepat matang dibandingkan yang disimpan di suhu ruangan. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk

11.  Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak membutuhkan lemari pendingin untuk membuatnya awet. Cukup disimpan di suhu ruangan untuk menjaga kualitasnya.

12.  Bawang-bawangan

Jenis bawang-bawangan sebaiknya disimpan dengan suhu ruangan dalam udara terbuka, kalau disimpan dalam kulkas justru lebih cepat rusak.

13.  Daun Kemangi

Menyimpan daun kemangi bisa dengan cara merendam bagian bawah batangnya dengan air dan simpan dalam suhu ruangan. Penyimpanan daun kemangi di dalam kulkas akan membuat kemangi layu dan kehilangan aroma.

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Semoga bermanfaat ya.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar