Logo Eventkampus

Cara Membuat Slime dari Berbagai Bahan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Membuat Slime dari Berbagai Bahan

     Sejak kemunculannya, slime memang langsung diminati oleh berbagai kalangan khususnya anak-anak. Mainan ini memiliki tekstur lembek, kenyal dan lentur nyaris seperti lendir.

     Umumnya slime memiliki warna-warna cerah yang bisa membangkitkan semangat ketika memainkannya. Tak ada keahlian khusus untuk bisa memainkannya. Karena slime cukup ditarik-diremas, dikepal, pokoknya sesuka kamu saja deh mainnya gimana.

     Sebagai mainan yang super kekinian, slime dibanderol dengan harga yang bervariasi. Kalau di toko tentu slime dijual dengan bahan berkualitas, brand mainan ternama dan harga yang tinggi, tapi ada juga lho slime dengan variasi warna seadanya dengan harga yang lebih terjangkau.

     Tapi sebenarnya kamu bisa membuat slime sendiri di rumah. Berikut cara membuat slime dengan menggunakan bahan yang aman. Mudah kok, simak yuk!


1. Slime dari lem povinal

Agar mendapatkan tekstur slime yang kuat dan kenyal, kamu sebaiknya memilih lem povinal atau GOM. Untuk mendapatkan GOM, kamu bisa membelinya di apotek dengan harga berkisar Rp3 ribu sampai Rp5 ribu.

Caranya:

- Siapkan wadah kosong, baskom atau mangkuk, sendok atau pengaduk.

- Tuang satu tetes GOM pada wadah, campurkan lem povinal dan pewarna, aduk rata.

- Lakukan hingga tekstur slime mengental.


2. Slime dari shampo

Tak perlu menggunakan merek shampo tertentu, kamu boleh pakai shampo apa pun. Namun, pilih shampo yang lebih kental agar bisa menghasilkan slime yang bagus ya.

Langkah-langkahnya :

- Masukkan 4 sendok makan shampo, 2 sendok makan garam, aduk hingga rata.

- Tambahkan GOM

- Lalu simpan adonan slime ke dalam freezer selama 20 menit


3. Slime dari bedak bayi

Membuat slime dari bahan-bahan yang aman bagi anak-anak merupakan pilihan yang tepat. Bedak bayi juga bisa lho dijadikan slime.

Caranya mudah banget!

- Siapkan 1 botol bedak bayi, 4 sendok makan baby oil, air dan pewarna.

- Masukkan semua bahan ke baskom, tuangkan air sedikit demi sedikit.

- Pastikan adonan slime sudah bertekstur kenyal.

- Setelah itu baru diberi pewarna agar terlihat menarik. 


4. Slime lem fox

Kamu juga membuat slime dari lem fox. Bila dibandingkan dengan yang lain, slime dengan lem fox memerlukan bahan yang lumayan lebih banyak. Kamu harus menyiapkan lem fox, lem bening, deterjen atau sabun mandi cair, pewarna.

Caranya:

- Masukkan 3 sendok makan lem fox, tambahkan pewarna sebanyak 2 tetes, aduk rata.

- Kemudian campurkan adonan lem fox dengan deterjen cair maupun sabun mandi cair, aduk lagi sampai adonan slime menggumpal dan tidak terasa lengket.

- Kemudian pindahkan ke baskom yang telah diisi air selama 3 menit.


Nah, itulah bahan-bahan aman yang bisa kamu jadikan cara membuat slime yang murah dan mudah di dapatkan. Bersenang-senang dengan si kecil ternyata gak perlu mengeluarkan bujet yang menguras kantong lho.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar