Logo Eventkampus

Pembangunan Inklusif bagi Masyarakat Indonesia yang Beragam

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pembangunan Inklusif bagi Masyarakat Indonesia yang Beragam

Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM kembali menggelar diskusi bertajuk “Bincang Pancasila” pada Jumat (7/2). Diskusi kali ini bertemakan “Disabilitas & Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Inklusi”. Sebagai pembicara, PSP UGM mengundang Nuning Suryatiningsih dari Center for Improving Qualified Activity of People With Disabilities (CIQAL).

Nuning mengawali pembahasannya dengan menjelaskan tentang disabilitas. Menurutnya, disabilitas merupakan hasil interaksi antara orang-orang dengan keterbatasan kemampuan, sikap, dan lingkungan yang menghambat partisipasi mereka di dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya.

“Jadi, disabilitas bukan dilihat dari perspektif medisnya, melainkan dari perspektif hubungan sosialnya. Oleh karenanya, kita menyebutnya disabilitas, bukan cacat. Cacat adalah istlitah medis,” terangnya.

Nuning menjelaskan dalam hubungannya dengan inklusifitas, konsep tersebut berupaya untuk mengakomodasi perbedaan dan nilai keberagaman, salah satunya disabilitas tadi. Oleh karena itu, ia menerangkan bahwa pembangun inklusif bertujuan untuk merangkul berbagai perbedaan serta keberagaman dalam masyarakat.

Menurut Nuning, agar tujuan tersebut terwujud, kelompok rentan, termasuk disabilitas, dilibatkan dalam proses serta pembentukan kebijakan pembangunan. Kebijakan atau program dari pembangunan tersebut perlu mempertimbangkan serta didasarkan atas kajian dampak-dampak terhadap kehidupan kelompok rentan.

“Keterlibatan kelompok rentan dalam proses kebijakan pembangunan tadi penting karena dengan hal itu kita dapat tahu apa yang mereka butuhkan agar dapat mengakses suatu bangunan, utamanya yang memang dirancang untuk umum. Hal itu sehingga tidak adanya diskriminasi untuk siapa yang dapat mengakses bangunan tadi,” paparnya.

Dengen demikian, pembangunan inklusif harus mempertimbangkan beberapa prinsip, yakni partisipasi, non-diskriminasi, serta aksesibilitas. “Selama ini, kami, termasuk saya, banyak menjumpai suatu bangunan yang mengaku inklusif hanya memenuhi prinsip non-diskriminatif, namun melupakan prinsip aksesbilitasnya,” ungkapnya.

Selain prinsp tadi, Nuning menyatakan bahwa pembangunan inklusif perlu pula dilandaskan atas pendekatan jalur ganda. Jalur pertama yaitu tindakan untuk mengarusutamakan kelompok rentan dalam semua program dengan fokus menghapuskan berbagai hambatan partisipasi yang ada di masyarakat. Jalur kedua yakni pernerapan perlakuan khusus bagi kelompok rentan untuk memungkinkan berpartisipasi dan mendapat manfaat program secara setara dengan yang lainnya.

Nuning menekankan bahwa penerapan ketiga prinsip serta kedua pendekatan jalur tadi merupakan kunci untuk pembangunan inklusif. “Dengan hal ini kita dapat merealisasikan kesetaraan hak dan kesempatan bagi seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan di dalamnya,” tegasnya.

Agus Wahyudi, Ph.D., Kepala PSP UGM, menyetujui pemaparan Nuning tentang pembangunan inklusif tadi. Menurutnya, negara Indonesia dengan sila kelima Pancasila-nya berupaya mengakomodasi keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya. Konsekuensinya, negara ini juga harus membuat rakyatnya tidak ada yang merasa tertinggal dalam pemenuhan haknya.

“Pembangunan inklusif ini merupakan gambaran dari tugas dan peran negara yang seharusnya dijalankan dalam masyarakat. Konsep ini menjadi bayangan kehidupan bersama yang baik dan benar dari masyarakat,” pungkasnya. (Humas UGM/Hakam)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19005-pembangunan-inklusif-bagi-masyarakat-indonesia-yang-beragam

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim NL_Mawib UGM Juara Kompetisi Finhac 2019
28 November 2019
Ganjar : Kagama Harus Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat
16 Desember 2019
Fakultas Hukum UGM Rayakan Dies Natalis ke-74
17 Februari 2020
Guru Besar UGM: Jangan Sembarangan Konsumsi Klorokuin
24 Maret 2020
Cegah Penyebaran Corona Dengan Monitoring Pemudik
02 April 2020
Ahli Gizi UGM Paparkan Manfaat Sayur Lodeh Bagi Tubuh
28 April 2020

Komentar