Logo Eventkampus

Tips memilih kos! anda mahasiswa baru? tips memilih kos-kosan yang layak dan baik!

access_time | label Pojok Rantau
Bagikan artikel ini
Tips memilih kos! anda mahasiswa baru? tips memilih kos-kosan yang layak dan baik!

   Memilih kos kosan buakanlah hal yang gampang! kita haru melihat dari sisi kos kosan tersebut apakah layak atau tidak untuk kita tinggal i dan pergunakan.Kamu harus melihat nya dari berbagai aspek. Karena bagaimanapun juga kos-kosan akan menjadi rumah kamu selama melanjutkan pembelajaran mu.

Ayo guys simak tips-tips memilih kosan yang nyaman seperti yang di tulis di bawah ini sungguh praktis dan baik :

1. Pilih lokasi yang strategis

​​​​​​Lokasi menjadi sisi pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih kosan. Jika kamu tidak ada kendaraan lebih baik pilih kosan yang berada di dekat kampus. Setidaknya bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 5-10 menit untuk ke kampus.

Selain itu pilihlah kos yang dekat dengan berbagai tempat seperti pasar, supermarket dan warung makanan.biasa biar tidak kelaparan ehehehe.


2. Fasilitas kamar

Kamar kos yang baik itu tidak sempit namun juga tidak terlalu luas.Selain itu pilihlah kamar yang memiliki jendela sehingga sirkulasi udara di dalam kamar tidak pengap.

3. Aturan Kost

Setiap kost memiliki aturannya sendiri. Dari tanggal bayar dan cara pembayaran kamar. Jam malam untuk tamu . Hingga aturan menginap. Banyak yang tidak memberikan teman kamu menginap di kamar kamu. Bisa juga adanya biaya untuk teman kamu yang menginap. Dan jangan lupa menanyakan aturan kost ya.

Nah bagaimana? Sudah mulai terbayang fasilitas apa saja yang kalian butuhkan untuk tempat tinggal kamu. Jangan lupa melihat keadaan sekeliling juga ya. Bagi yang suka makan di malam hari.


4. Harga

Nah ini sangat penting juga, setelah melihat-lihat fasilitasnya kamu harus pertimbangkan juga harganya. Beberapa kos biasanya menerapkan harga per tahun, per tiga bulan dan per bulannya. Sebagai pemula lebih baik kamu pilih harga per bulan atau tiga bulan untuk mengetahui lingkungan masyarakat di kosmu. Setelah betah kamu bisa lanjutkan untuk harga setahun.

5. Fasilitas lingkungan kos

Setelah fasilitas semua yang ada di kos sudah cocok, kamu juga perlu mengecek fasilitas di luarnya. Seperti kamar mandi, apakah bersih atau tidak, airnya mengalir terus atau tidak. Gak mau kan pas kamu lagi terburu-terburu mandi eh airnya habis? Selain itu jika kamu membawa kendaraan, faslitas seperti garasi yang luas juga harus ada. tapi biasanya kos kosan garasinya kecil .

Nah itu di semua tips yang harus di perhatikan dalam memilih kos yang baik. masih bnyak lgi sebener nya tapi itu lah yang paling pokok anggar terhindar dari tempat kos yang tidak layak .

 

 

Penulis

foto Nur halim
Nur halim
Siswa SMK BINA PATRIA 1 SUKOHARJO. jurusan teknik komputer jaringan.

Artikel Terkait

Kos murah tapi jauh atau Kos mahal tapi deket?
12 Februari 2020

Komentar