Logo Eventkampus

Banyak Tikus di Rumah? Berikut Cara Ampuh Mengusir Hewan Ini dari Kediamanmu

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Banyak Tikus di Rumah? Berikut Cara Ampuh Mengusir Hewan Ini dari Kediamanmu

   Tikus merupakan hewan pengerat yang bisa ditemukan di negara mana saja. Ada jenis tikus yang bisa menjadi hewan peliharaan dan ada yang merugikan. Namun, seringkali kita merasa dirugikan apabila tikus ada di rumah kita.

    Apabila banyak tikus berkeliaran, tentu kamu sangat ingin mengusir tikus itu dari rumah bukan?

 Tak hanya menyebabkan perabotan rusak dan juga membuat rumah kotor, tikus juga membawa berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan.

 Meski begitu, kini kamu tak perlu bingung lagi untuk mengusir tikus. Inilah beberapa cara mengusir tikus yang ampuh.

1. Minyak Peppermint

  Teteskan sebanyak 20 hingga 30 tetes minyak ini ke bola kapas dan simpan di sudut-sudut ruangan dekat lubang pembuangan. Ganti bola kapas dengan yang baru saat aroma peppermint menghilang.

  Kamu juga bisa menggunakan daun mint atau pasta gigi mint jika Kamu tidak memiliki minyak jenis ini. Bau peppermint ini dibenci tikus sehingga efektif digunakan di rumah.

2. Cengkeh

 Tikus pun tak suka dengan wangi cengkeh. Untuk itu Kamu bisa letakkan di tempat-tempat yang sekiranya dilewati tikus. Ini akan menghentikan tikus masuk ke rumah Kamu.

   Selain itu, Kamu bisa menaruh minyak cengkeh dengan cara yang sama seperti minyak peppermint.

3. Kapur barus

   Kapur barus juga bekerja dengan baik untuk mencegah kehadiran hewan pengerat ini. Simpan beberapa buah kapur di wastafel dan area yang diperlukan.

4. Baking soda

  Taburkan baking soda di tempat-tempat yang biasa terdapat banyak tikus. Soda kue ini terbilang aman digunakan bagi Kamu yang memiliki hewan peliharaan.

5. Tabasco sauce dan Sabun Deterjen

   Campur 2 sampai 3 sendok makan saus Tabasco dan 1 cup deterjen dalam 4 liter air. Isi campuran dalam botol dan semprotkan. Hal ini cukup efektif juga dalam menangkal tikus masuk ke rumah.

6. Semprotan cabai

 Kamu bisa membuat semprotan pengusir tikus sendiri di rumah. Kamu hanya butuh beberapa jenis cabai, bisa menggunakan rawit secukupnya. Campurkan dengan 1 atau 2 liter air.

    Masukkan semua benda ke panci dan rebus dengan baik. Biarkan dingin, saring dan masukkan ke botol semprot. Semprotkan di tempat yang sering muncul tikus.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020

Komentar