Logo Eventkampus

Sumber Daya Alam

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Sumber Daya Alam

Pengertian sumber daya alam adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan hidup manusia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup manusia.

Indonesia sebagai negara yang luas memiliki kekayaan alam dan sumber daya alam yang sangat besar. Beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan hasil sumber daya alamnya baik itu berasal dari pertanian, perkebunan dan juga pertambangan.

Sumber daya alam atau biasa disingkat SDA ada yang sifatnya tidak akan habis dan ada juga yang bisa habis. Untuk itu kita sebagai manusia mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga sumber-sumber daya yang ada di bumi ini.

Sumber daya alam terbagi menjadi beberapa jenis, berikut adalah macam macam atau jenis-jenis sumber daya alam.

1. Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Sumbernya

  • Sumber Daya Alam Hayati
    Sumber daya alam hayati atau biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

  • Sumber Daya Alam Non-Hayati
    Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti tambang, air, batuan dll.

2. Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

  • Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui 

  • Sumber Daya alam yang tidak dapat diperbarui

Pengertian Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah jenis sumber daya alam yang dapat digunakan secara berulang. Sumber daya alam jenis ini tidak akan habis meski digunakan secara terus menerus. Namun tentu saja SDA ini perlu pelestarian.

Contoh SDA yang dapat diperbarui :

  • Tumbuhan

  • Hewan 

  • Tanah 

  • Air 

  • Energi Matahari

 

1. Tumbuhan

Contoh pertama yaitu sumber daya alam dari tumbuhan. Produk tumbuhan tentunya sangat diperlukan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya saja buah-buahan, sayuran, umbi, dll.

2. Hewan

Contoh lainnya yaitu sumber daya alam dari produk hewan, misalnya susu, daging, kulit, dan lainnya. Produk tersebut dapat diperbaharui yakni dengan dilakukan budidaya oleh para peternak.

3. Tanah

Tanah juga tergolong contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Maksudnya adalah, tanah yang sudah digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya budidaya pertanian akan mengalami berkurangnya unsur hara karena diserap oleh tanaman.

Namun, hal ini bukanlah masalah karena tanah tersebut masih dapat digunakan untuk usaha pertanian selanjutnya. Kesuburan serta kualitas tanah tersebut juga dapat diperbaiki dengan usaha tertentu seperti pengolahan, pemupukan, pengairan, dll.

4. Air

Contoh keempat dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air. Air sangat dibutuhkan keberadaannya oleh makhluk hidup. Air tersebut ada yang dapat dimanfaatkan dan ada pula yang tidak dapat dimanfaatkan.

5. Energi Matahari

Energi matahari dapat difungsikan untuk beragam kepentingan, misalnya saja panel surya.  Pada panel surya tersebut energi matahari dapat dirubah menjadi energi listrik. Dari sana, energi tersebut dapat digunkan untuk beragam kepentingan.

Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang jika digunakan secara terus-menerus bisa punah/habis. yang termasuk kedalam jenis ini umumnya adalah barang- barang yang berasal dari perut bumi atau barang tambang.

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya adalah:

  • Batubara

  • Jenis Jenis Logam (Besi,emas, tembaga, aluminium dll) dan

  • Minyak Bumi

1. Batu Bara

Untuk menghasilkan batu bara diperlukan waktu yang sangat lama oleh alam yaitu jutaan tahun. Batu bara dihasilkan atau terbentuk dari penimbunan dan pembusukan sisa dari tumbuhan. Kegunaan batu bara bisa dijadikan sebagai bahan bakar baik di rumah- pabrik ataupun lokomotif kuno.

2. Jenis logam

Contoh lainnya dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah beragam jenis logam. Contoh jenis logam seperti besi, emas, nikel, platina, tembaga, aluminium, dll. Semua bahan-bahan tersebut berhubungan dengan bahan bangunan, perhiasan, alat transportasi, dll.

3. Minyak bumi

Minyak bumi dapat digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Minyak bumi ini terbentuk dari jasad renik hewan yang sudah tertimbun dalam waktu yang sangat lama.

Untuk mendapatkan minyak bumi ini dilakukan proses pengeboran, kemudian didapatkanlah minyak mentah. Minyak mentah tersebut kemudian diolah serta disuling sehingga menghasilkan beberapa jenis bahan seperti’ solar, oli, aspal, bensin, minyak tanah, vaselin, parafin, dll.

 

 

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar