Logo Eventkampus

Obat Flu Alami dan Ampuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Obat Flu Alami dan Ampuh

   Apakah Anda pernah mengalami flu atau influenza? Masalah kesehatan ini kerap menyerang dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebagian orang mengira flu hampir sama dengan pilek biasa.

  Kendati labelnya berbeda, kedua masalah kesehatan ini sama-sama disebabkan virus. Flu memiliki gejala lebih parah dan bisa menyerang secara mendadak, sedangkan batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

   Influenza merupakan penyakit yang mudah menular, terutama pada 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus. Flu bisa menular melalui percikan air liur di udara ketika pengidapnya bersin atau batuk.

  Flu akan membuat kepala pusing, demam, serta kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Saat dilanda flu atau pilek, biasanya seseorang langsung mencari obat di apotek.

  Namun, sebenarnya Anda bisa mengatasi flu dengan obat atau bahan alami yang mungkin sudah tersedia di dapur. Obat flu atau influenza dengan bahan kimia justru memiliki efek samping bagi kesehatan lainnya.

   Apabila jumlah virus dan lendir cukup banyak, maka saluran pernapasan juga bisa tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengobati flu secara alami tanpa bahan kimiawi seperti berikut.


1. Air Putih Hangat

Air putih merupakan obat alami untuk menyehatkan tubuh, termasuk ketika Anda terserang flu dan demam. Flu menyebabkan adanya lendir yang melapisi saluran pernapasan sehingga menjadi lebih tebal. Namun dengan meminum air putih hangat, Anda bisa mengatasi lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

Jadi, suhu pada air hangat dapat mengencerkan lendir yang mengental sehingga lebih mudah membantu untuk mengeluarkannya dan mengeringkan sinus. Bahkan air putih hangat juga akan menjaga selaput lendir supaya tetap lembap.

Cara ini terbukti ampuh. Bahkan, para dokter selalu menganjurkan pasiennya untuk meminum air putih hangat guna membantu menguras lendir dalam saluran pernapasan. Air hangat juga mampu meredakan demam dan sakit kepala akibat flu.


2. Makanan Pedas

Sebagian banyak orang tentu pernah mengalami sakit flu yang disertai dengan demam dan sakit kepala. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi makanan pedas dengan kadar cabai secukupnya untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Sayuran ini kaya vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, virus dalam tubuh bisa ditangkal dengan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Cabai juga dapat mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.


3. Kencur

Sejenis dengan jahe, kencur juga bermanfaat untuk mengobati flu atau influenza. Ketika dilanda flu, Anda bisa mengonsumsi jamu kencur alami sebanyak dua kali. Jika tak sempat mencari jamu kencur, Anda bisa menggeprek kencur yang telah dibersihkan. Kemudian rendam dengan air panas, dan minumlah saat airnya dalam keadaan hangat kuku.


4. Jahe

Jahe merupakan tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati flu. Jahe mengandung zat anti-bakteri dan anti-virus yang akan membantu mengobati influenza. Bahkan jahe juga dapat menghangatkan tubuh dan banyak dijadikan sebagai bahan dasar dalam produk obat flu.

Untuk mengobati flu, Anda perlu menyiapkan 1-2 buah jahe yang telah digeprek, kemudian rebus hingga mendidih. Kemudian, minum air rebusan jahe dalam keadaan hangat. Jahe hangat akan semakin membantu mengencerkan lendir dan melegakan pernapasan.


5. Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan sebagai obat flu alami yang disertai dengan gatal pada hidung. Bawang merah mengandung phytochemical dan antibakteri yang mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

Anda bisa mengonsumsi bawang merah secara mentah dibarengi dengan sayuran lain ketika makan supaya tidak mual karena aromanya. Anda juga bisa membuatnya sebagai jus. Meski aromanya tidak enak, bawang merah cukup ampuh untuk mengatasi flu secara cepat.

Jika enggan mengonsumsinya, Anda bisa mengiris atau menghaluskan bawang merah. Lalu, Anda cukup menghirup aroma bawang merah untuk melegakan pernapasan.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara Mudah Hilangkan Komedo Tanpa Siksaan dengan Buah Jeruk
30 Juli 2018
Daun Pepaya Meski Pahit Banyak Manfaatnya
30 Juli 2018
Lawan Kolesterol, Berikut Cara Membuat Teh Apel di Rumah
30 Januari 2020
Apa Saja Sih Manfaat Dari Daun Kelor Itu? Mau tau? Oke Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Daun Kelor..
21 Februari 2020
6 cara alami mengatasi penyakit tipes...
28 Februari 2020
Manfaat Daun Cincau untuk Mengobati Penyakit
28 Februari 2020

Komentar