Logo Eventkampus

Manfaat Daun Cincau untuk Mengobati Penyakit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Cincau untuk Mengobati Penyakit

Daun cincau disebut Cycleabarbata, termasuk kedalam famili tumbuhan menispermaceae. Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia yang banyak sekali yang berguna bagi kesehatan tubuh kita diantaranya karbohidrat yang menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung dalam daun cincau.

1.    Menurunkan Demam

Daun cincau mengandung antioksidan yang tinggi berperan untuk meredakan demam, dengan cara mengkonsumsi 2 kali sehari air rebusan daun yang sudah di saring, bisa di sajikan dengan toping yang lain buah buahan segar.

2.    Mengobati Sakit Tenggorokan

Dalam daun cincau ada beberapa senyawa yang efektif untuk mengobati sakit tenggorokan. Seperti kalsium, fosfor dan mineral yang sangat berguna untuk melegakan tenggorokan.

3.    Melancarkan Pencernaan

Daun cincau kaya dengan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Jika anda mengalami sembelit atau sulit BAB cobalah diatasi dengan minum cincau hijau.

4.    Mengatasi Tekanan darah Tinggi

Adanya kandungan senyawa S-S tetandrin dalam daun cincau juga bermanfaat untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan senyawa S-S tetandrin dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh akan lebih lancar.

5.    Meredakan Diare

Kandungan alkolid yang terdapat pada daun cincau megandung vitamin C dan vitamin B dapat menjadi solusi mengatasi diare dengan mengkonsumsi rebusan daun cincau 3 kali sehari Daun cincau dapat membunun kuman yang terdapat pada tubuh khususnya bagian pencernaan, yang mengalami diare.

6.    Mencegah Osteoporosis

Daun cincau memiliki kandungan mineral berupa magnesium, kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel tulang yang telah mengalami pengeroposan. Mineral-mineral tersebut akan memberikan nutrisi pada tulang untuk pembentukan sel-sel darah yang telah rusak.

7.    Mengatasi Hipertensi

Daun cincau mengandung senyawa S-S Tetandrin yang bermanfaat untuk mengobati penyakit Hipertensi. Senyawa ini dapat melebarkan pembulu darah, sehingga akan melancarkan peredaran darah secara normal. 

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Manfaat Nyata Jika Rajin Minum Air Jeruk Nipis Tiap Pagi
13 Juli 2018
Cara Mudah Hilangkan Komedo Tanpa Siksaan dengan Buah Jeruk
30 Juli 2018
Daun Pepaya Meski Pahit Banyak Manfaatnya
30 Juli 2018
Lawan Kolesterol, Berikut Cara Membuat Teh Apel di Rumah
30 Januari 2020
Apa Saja Sih Manfaat Dari Daun Kelor Itu? Mau tau? Oke Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Daun Kelor..
21 Februari 2020
6 cara alami mengatasi penyakit tipes...
28 Februari 2020

Komentar