Logo Eventkampus

8 Manfaat Daun Sirih Cina

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
8 Manfaat Daun Sirih Cina

Daun sirih cina adalah jenis tanaman yang lebih tepatnya disebut gulma, karena sering tumbuh disela-sela tanaman budidaya. Tanaman ini biasanya banyak tumbuh disekitar rumah, dipekarangan terutama di tempat-tempat yang lembab. Dan tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan lho. Berikut ini beberapa manfaat sekaligus resep tanaman herbal sirih cina:

1.      Dapat Mengobati Luka Bakar dan Luka Terpukul

Daun mangga juga bisa untuk mengobati luka bakar atau pun luka pukulan lho. Caranya dengan ambil daun mangga segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. Lumatkan atau ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh.

2.      Dapat Membantu Mengobati Sakit Perut

Manfaat lain dari daun sirih cina sebagai salah satu tumbuhan yang sebenarnnya tidak terlalu diperhatikan dan lebih menjadi benalu tersebut adalah membantu dalam mengobati kondisi sakit perut. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut dengan meminum rebusan daun sirih yang  harus diminum untuk membantu mengobati kondisi sakit perut.

3.      Dapat Membantu Mengobati Bisul dan Jerawat

Bisul dan jerawat salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang terjadi pada permukaan kulit. Untuk mengatasi kondisi bisul dan jerawat maka dapat dilakukan dengan cara menumbuk halus daun sirih cina lalu merebusnya hingga air rebusan tersisa setengah dan kemudian mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari dengan jumlah yang sama.

4.      Dapat Mengobati Sakit Kepala

Manfaat dari daun sirih cina adalah membantu dalam mengatasi kondisi sakit kepala. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih cina tersebut tentu dengan meletakkan daun pada bagian pelipih mata kanan dan kiri daun yang telah ditumbuk dengan halus.

5.      Dapat Antibakteri dan antijamur

Manfaat daun sirih cina lainnya sebagai antibakteri dan antijamur. Ekstrak metanol mentan pada daun sirih cina memiliki sifat antimikroba spektrum luas sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi beberapa jenis bakteri.

6.      Dapat Membantu Mengatasi Bengkak

Manfaat daun sirih cina dapat membantu dalam mengatasi kondisi bengkak yang terkadang menyebabkan rasa sakit. Untuk memperoleh manfaat tersebut maka perlu untuk mengkonsumsi rebusan daun sirih cina atau meletakan daun sirh cina yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang mengalami bengkak.

7.      Mampu Mengobati Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat menjadi salah satu bentuk penyakit yang dapat terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh melebihi kadar asam urat normal. Daun sirih cina dapat membantu menjaga kadar asam urat agar tidak tinggi dengan cara mengkonsumsi rebusan daun sirih yang telah ditumbuh halus secara konsisten.

8.      Dapat Mengobati Sakit Kepala pada Penderita Demam

Manfaat lainnya kalian bisa mengobati sakit kepala, dengan menempelkan tumbukan daun sirih cina pada pelipis kiri dan kanan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirih cina. Dan semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Daun Cincau untuk Mengobati Penyakit
28 Februari 2020

Komentar