Logo Eventkampus

6 cara alami mengatasi penyakit tipes...

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
6 cara alami mengatasi penyakit tipes...

Penyakit tipes sering juga disebut juga dengan tipus atau demam tifoid. Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang menyerang usus halus hingga menyebar ke aliran darah.

Bila diperhatikan, gejala tipes mirip seperti gejala penyakit DBD sehingga kerap disalahartikan. Pada awalnya, demam tifoid dapat menimbulkan gejala seperti demam, sakit perut, sakit kepala, hingga kelelahan.Oke langsung saja berikut ini beberapa cara untuk mengobati penyakit tipes secara alami: 

1.

Bahan masakan seperti cengkeh memiliki sifat antibakteri yang membuatnya termasuk dalam daftar obat tipes tradisional. Selain itu, minyak cengkeh juga diketahui dapat membantu mengurangi intensitas diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Ambil 5-7 cengkeh dan masukkan ke dalam air mendidih.

Rebus hingga airnya menjadi setengah bagian.

Setelah dingin, minumlah larutan herbal tersebut pada siang hari.

Lakukan cara ini minimal selama kurang lebih seminggu.

2. Pisang

Tidak banyak orang yang tahu bahwa makan pisang setiap hari bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan demam tifoid. Pasalnya, pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan dari usus. Hal ini dapat membantu mengatasi diare.

Ditambah lagi dengan kandungan kalium pada pisang yang juga dapat mencegah hilangnya elektrolit tubuh karena diare dan demam. Maka dari itu, tidak diragukan lagi bahwa pisang merupakan salah satu obat tipes tradisional yang bisa diandalkan.

Untuk meraup manfaatnya, makanlah 2-3 pisang matang setiap hari sampai demamnya mereda. Cara lainnya, Anda dapat mencampurkan 2 buah pisang dengan ½ gelas yogurt dan 1 sendok teh madu. Konsumsilah campuran tersebut sebanyak 2-3 kali sehari dalam satu minggu.

3. Makanan Bernutrisi

Agar cepat sembuh dari penyakit tipes, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang tinggi. Pemilihan makanan yang tepat juga dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lemas ataupun demam.

Cara memperoleh nutrisi tinggi dari makanan adalah sebagai berikut:

Tambah asupan kalori dari makanan agar menghasilkan energi yang cukup pada tubuh.

Konsumsi makanan yang kaya protein, seperti susu dan telu, untuk mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsi lebih banyak makanan tinggi karbohidrat untuk meningkatkan energi.

Konsumsi lebih banyak makanan yang berair seperti jus buah, kaldu, dan sup untuk melengkapi mineral yang hilang.

4. Buah Delima

Sama seperti buah cranberry, buah delima juga mampu meningkatkan energi tubuh dan mencegah dehidrasi. Atas dasar inilah, buah delima banyak dimanfaatkan sebagai obat tipes tradisional. Cukup tambahkan madu atau lada hitam pada segelas jus delima, lalu rasakan sendiri manfaatnya dalam meredakan gejala tifoid.

5. Madu

Madu tak diragukan lagi dengan sepak terjangnya dalam mengusir bakteri jahat dari tubuh. Selain itu, madu juga diketahui mampu mengatasi masalah pencernaan yang timbul akibat sakit tipes.

 Cara menggunakan madu sebagai obat tipes tradisional yaitu :

Masukkan satu sendok makan madu ke dalam air hangat.

Minumlah larutan air madu ini sesering mungkin dalam sehari untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama terkena tipes.

6. Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah sekaligus obat tipes tradisional. Hal ini karena jeruk mengandung banyak air, nutrisi, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Oleh karena itulah, buah berwarna oranye ini dapat membantu mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk juga memiliki efek pendinginan yang mampu mengurangi rasa gelisah dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam tifoid.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda hanya tinggal memasukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam secangkir jus jeruk. Minum jus jeruk sebanyak 3 kali sehari untuk menguatkan sistem imun tubuh.

Nah itu tadi ada 6 obat alami untuk menyembuhkan penyakit tipes, semoga bermanfaat. 

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Daun Pepaya Meski Pahit Banyak Manfaatnya
30 Juli 2018
Lawan Kolesterol, Berikut Cara Membuat Teh Apel di Rumah
30 Januari 2020
Apa Saja Sih Manfaat Dari Daun Kelor Itu? Mau tau? Oke Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Daun Kelor..
21 Februari 2020
Manfaat Daun Cincau untuk Mengobati Penyakit
28 Februari 2020
Obat Flu Alami dan Ampuh
06 Maret 2020
Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami
11 Maret 2020

Komentar