Logo Eventkampus

Manfaat Mengejutkan Buah Nanas untuk Pencernaan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Mengejutkan Buah Nanas untuk Pencernaan

Apa saja manfaat buah nanas untuk pencernaan tubuh? Semua buah yang tumbuh di muka bumi, kebanyakan membawa khasiat baik dan bermanfaat, tidak terkecuali buah nanas. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia.

Manfaat buah nanas untuk pencernaan

1. Mengandung enzim baik untuk pencernaan

Menurut Medical Center di Maryland Universiy, buah nanas juga memiliki enzim pencernaan baik, yang disebut bromelain. Enzim ini merupakan campuran dari enzim proteolitik yang membantu usus Anda memecah dan menyerap protein lebih banyak. Manfaat lain dari bromelain ini juga mampu meringankan masalah perut seperti, sakit perut dan diare.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Buah nanas secara alami memiliki kandungan yag kaya serat. Fungsi kaya serat ini, baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Biasanya, makanan yang tinggi serat agak susah larut dicerna, tapi tidak dengan buah nanas.

Manfaat buah nanas untuk pencernaan ini tidak sampai situ saja, nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus Anda. Untuk sistem penceranaan yang normal , Anda perlu mengonsumsi 14 gram total serat dari 1000 kalori perharinya, dan itu bisa Anda dapatkan pada buah nanas. Menurut Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong mengandung 2,2 gram total serat makanan.

3. Buah nanas menangkal sakit akibat perut kembung

Biasanya, kembung ditandai dengan perut yang membesar dan ada tekanan gas yang lebih kuat. Anda tidak perlu pusing mengobatinya. Cukup dengan makan buah nanas makanan lain yang menyebabkan refluks atau gas pada pencernaan muncul, bisa diredakan secara alami.  Kembali lagi dengan kandungan bromelain dan fiber dari buah nanas yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, bromelain memiliki sifat yang menenangkan pada perut Anda.

4. Mencegah kanker usus

Makan buah nanas untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Manfaat buah manggis bagi kesehatan
10 Juli 2018
Manfaat Nyata Jika Rajin Minum Air Jeruk Nipis Tiap Pagi
13 Juli 2018
10 Fakta Minyak Jarak buat Kesehatan dan Kecantikan
13 Juli 2018
Khasiat sehat dari segar manisnya jambu air
23 Juli 2018
Buah nanas dibuat infused water? Ini 10 manfaat sehatnya
25 Juli 2018
Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan
26 Juli 2018

Komentar