Logo Eventkampus

Manfaat buah manggis bagi kesehatan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat buah manggis bagi kesehatan

·         Kandungan Yang Ada Pada Buah Manggis

Buah manggis terdiri dari tiga bagian, yaitu isi buah manggis, kulit manggis itu sendiri serta biji buah manggis. Buah tropis ini banyak sekali mengandung vitamin C, B1 dan B2, serta kalium. Zat-zat tersebut banyak terkandung pada bagian isi buah manggis. Selain itu, isi buah yang sering kita nikmati ini ternyata mengandung sejumlah senyawa biogis yang aktif.  Katekin dan Proanthocyanidins adalah dua diantara sekian banyak senyawa biogis yang biasa terdapat dalam buah manggis. Buah manggis juga diketahui sangat kaya akan zat-zat bermanfaat lainny seperti serat, zat besi, protein dan niasin. Sebetulnya, masih ada lagi kandungan buah manggis yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, Anda tak usah berpikir dua kali ketika hendak mengkonsumsi buah manggis ataupun membelinya di pasar. Selain rasanya yang nikmat dan segar, buah manggis nyatanya memiliki berbagai macam khasiat yang penting untuk kita ketahui.

Isi buah manggis bukanlah satu-satunya yang datang bersama ribuan manfaat dan rasa yang enak di mulut. Kulit buah manggis ternyata juga menyimpan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Kulit buah manggis sangat kaya akan xanthones serta sejumlah antioksidan lainnya. Kandungan luar biasa ini bisa kita manfaatkan untuk memerangi berbagai penyakit yang berbahaya seperti kanker. Kulit buah manggis juga sangat kaya akan anti inflamasi, anti virus serta anti jamur. Dari sekian jenis antioksidan yang terdapat di kulit buah manggis, xanthones adalah salah satu yang paling aktif dan kaya akan manfaat. Dengan kandungan yang sangat luar biasa yang tedapat baik pada daging buah maupun kulit buah manggis, maka tak heran jika buah tropis ini mendapat gelar Ratu Buah. Disaat para peneliti bekerja sekuat tenaga untuk menemukan obat anti kanker, kandungan pada kulit buah ternyata sudah menyediakan jawaban yang lebih ideal. Bagi Anda yang penasaran akan banyaknya khasiat buah manggis ini, ada baiknya jika Anda tidak melewatkan informasi yang tertera pada paragrap berikut ini

Dengan kandungan yang luar biasa pada tiap bagian buah manggis, tak heran jika buah ini memiliki khasiat yang luar biasa pula. Salah satu khasiat buah manggis yang menyedot banyak perhatian orang adalah kemampuan buah ajaib ini untuk mencegah serta menyembuhkan penyakit kanker. Hasil temuan yang sangat menarik ini terus saja dikembangkan dan ditelaah lebih jauh. Sejauh ini, kita bisa menyimpulkan bahwa kandungan buah manggis bisa mencegah berkembangnya sel-sel kanker pada penderita leukimia. Tidak hanya itu, kandungan buah manggis juga bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel pada kanker hati, kanker usus serta kanker paru-paru. Selain sifat memerangi terhadap sejumlah sel-sel kanker, buah manggis juga memiliki sejumlah khasiat lainnnya.

·         Memerangi Penyakit Mematikan Lainnya

Kanker ternyata bukanlah satu-satunya penyakit berbahaya yang bisa diobati dan dicegah oleh zat-zat yang terkandung dalam buah manggis. Buah tropis khas Indonesia ini juga bisa digunakan untuk mencegah sejumlah penyakit yang berbahaya lainnya seperti diabetes, alzheimer, penyakit jantung serta arthritis. Kandungan yang paling aktif yang dikandung oleh buah manggis yang bisa memerangi penyakit-penyakit berbahaya tadi adalah xanthones. Antioksidan ini beserta zat aktif lainnya yang ada pada buah manggis dapat mengembalikan keelastisan pembuluh darah yang ada di sekitar organ jantung. Perlu Anda ketahui bahwa hilangnya keelastisan pembuluh darah pada area jantung merupakan penyebab utama dari penyakit jantung dan arteriosclerosis. Dengan konsumsi buah manggis pada dosis yang tepat, para penderita penyakit jantung akan memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami serangan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan pembuluh darah di dekat jantung telah kembali kuat, sehat serta befungsi secara optimal

·         Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Mungkin banyak dari kita yang telah mengenal sejumlah obat yang boleh diminum untuk membantu rasa sakit yang sedang mendera. Parasetamol adalah salah satunya. Disamping khasiat obat kimiawi ini, tentu akan ada sejumlah efek samping yang menghantui terutama jika kita mengkonsumsinya tanpa mengindahkan petunjuk pemakaian atau anjuran dokter. Jika Anda mencari solusi yang hampir tanpa efek samping untuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh Anda, mengkonsumsi buah manggis secara rutin bisa jadi solusi lebih baik.

 

·         Mengatasi Masalah Kegemukan

Berat badan yang berlebih sudah menjadi masalah yang sangat umum di berbagai negara. Banyak sekali orang yang berusaha keras untuk kebali ke berat badal yang ideal demi kesehatan maupun karir pekerjaan mereka. Kegemukan yang kita alami bisa terjadi karena adanya pelebaran dan pengerasan membran sel yang ada pada tubuh kita. Antioksidan xanthones dalam kulit buah manggis kembali memainkan peran penting dalam hal ini. Kandungan aktif pada buah manggis ini akan membuat sel-sel kembali menjadi lunak. Xanthones juga bisa mengubah sat makanan menjadi energi dengan proses yang lebih cepat. Tidak saja hal ini bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan kita, tubuh kita juga akan terasa lebih sehat.

·         Membantu Dalam Menurunkan Tekanan Darah

Pembuluh darah merupakan bagian yang sangat penting di dalam tubuh kita. Jika bagian ini mengalami gangguan, kita bisa saja lebih beresiko menderita berbagai penyakit yang berbahaya seperti seragan stroke dan penyakit jantung. Dengan normalnya pembuluh darah, kita bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

·         Pelihara Kesehatan Pencernaan Anda dengan Buah Manggis

Dengan bertambahnya usia kita, zat asam yang ada di dalam perut kita akan semakin berkurang. Maka tak heran jika kita lebih mudah menderita diare. Selain itu, kondisi ini juga bisa membawa kita pada kondisi kelebihan gas maupun berkurangnya kemampuan usus kita untuk menyerap zat makanan dengan baik. Khasiat buah manggis bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Kandungan buah manggis terutama xanthones akan membantu kita untuk menyeimbangkan kinerja saluran pencernaan kita kembali.

Penulis

foto Putriyah safaah
Putriyah safaah
SMK N MATESIH

Artikel Terkait

UGM Jalin Kerja Sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia
09 Juni 2017
Manfaat Mengejutkan Buah Nanas untuk Pencernaan
13 Juli 2018
Manfaat Nyata Jika Rajin Minum Air Jeruk Nipis Tiap Pagi
13 Juli 2018
Khasiat sehat dari segar manisnya jambu air
23 Juli 2018
Manfaat Kulit Pisang Dalam Kehidupan
02 Agustus 2018
Kesehatan Mental Penting Untuk Mewujudkan Kesejahteraan
12 Oktober 2019

Komentar