Logo Eventkampus

UGM Raih Penghargaan Internasional Pengurangan Risiko Bencana Longsor

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UGM Raih Penghargaan Internasional Pengurangan Risiko Bencana Longsor

Untuk ketiga kalinya sejak 2011, UGM kembali berhasil  menyabet Award sebagai  "World Center of Excellence" in Landslide Disaster Risk Reduction". Penghargaan ini diberikan oleh UNESCO dan United Nation International Strategy on Disaster Risk Reduction  (UN-ISDR)  dalam event World Landslide Forum 4 di Ljubljana, Slovenia pada 30 Mei 2017.

Award diserahkan kepada Prof. Ir. Dwikorita Karnawati  didampingi oleh Dr. Teuku Faisal Fathani dan Dr. Wahyu Wilopo. Hadir pula dalam acara tersebut Deputi  Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rudi Phadmanto, dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Medi Herlianto.

Menurut Dwikorita Award yang ketiga kali ini berlaku mulai 2017 hingga 2020. Penghargaan diberikan atas capaian kegiatan riset oleh Dwikorita Karnawati dan tim di bidang pengurangan risiko bencana longsor yang diikuti dengan hilirisasi hasil pengembangan teknologi mitigasi dan deteksi dini longsor ke masyarakat dan industri.

“Penghargaan ini terutama diberikan atas keunggulan  teknologi yang dikembangkan  berbasis pada human and technical systems untuk mewujudkan community-based landslide  early warning system,”urai Dwikorita, Minggu (4/6).

Pengembangan teknologi ini merupakan pengembangan lanjut dari  "Ilmu Titen" yang diverifikasi dengan perhitungan numeris sehingga berhasil disinergikan antara teknologi tradisional (lokal)  dengan teknologi digital yang dikendalikan oleh kekuatan masyarakat di daerah rawan longsor.

Sejak 2007, tim riset longsor ini telah mengembangkan 5 generasi Sistem Pemantauan dan Deteksi yang telah berhasil dipatenkan, meliputi GAMA Extensometer Manual, GAMA Extensometer Digital baik untuk  pemantauan di permukaan ataupun bawah permukaan, GAMA Tiltmeter Manual dan Digital.

Sistem ini sudah diterapkan bekerja sama dengan BNPB dan BPBD di 25 Propinsi di Indonesia (di 75 lokasi), serta di berbagai Perusahaan di bidang Pertambangan dan Energi, antara lain PT. Pertamina Geothermal, PT.  Freeport, PT. INCO, PT. Arutmin. Bahkan PT. Bahkan, United Mercury Myanmar  juga telah memasang sistem karya UGM ini di lokasi pertambangannya di Myanmar.

Dalam waktu dekat, UGM juga telah menyiapkan Teaching Industry yang merupakan integrasi antara Pusat Unggulan Riset ini dengan Sekolah Vokasi untuk memproduksi teknologi ini dalam skala yang lebih massal. Langkah ini dipandang sangat strategis untuk menguatkan kedaulatan IPTEK Indonesia melalui substitusi impor teknologi mitigasi kebencanaan, khususnya untuk bencana longsor. (Humas UGM/Satria)

 

Sumber : ugm.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Artikel Terkait

Mahasiswa UGM Raih Penghargaan UNESCO Bidang Perubahan Iklim
05 Juni 2017
UGM Mendengar: Menampung Aspirasi Kepala Daerah
06 Juni 2017
Mahasiswa UGM Kembangkan Gamelan Untuk Tuna Netra
06 Juni 2017
Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Pemerintah, Timor Leste Gandeng UGM
07 Juni 2017
Selam UGM Eksplorasi Perairan Nusa Lembongan
08 Juni 2017
UGM Jalin Kerja Sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia
09 Juni 2017

Komentar