10 Fakta Minyak Jarak buat Kesehatan dan Kecantikan

access_time | label Tips & Trik
10 Fakta Minyak Jarak buat Kesehatan dan Kecantikan

Penggunaan bahan alami sebagai produk perawatan sepertinya masih digemari banyak orang. Apalagi belakangan ini popularitas dari berbagai macam minyak sedang naik. Salah satunya adalah castor oil.

Castor oil merupakan minyak yang didapatkan dari hasil ekstraksi biji tanaman castor. Minyak ini sangat kaya akan anti-oksidan dan mampu menyelesaikan berbagai macam permasalahan kulit dan rambut.

Castor oil sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu berkat kandungan vitamin E, protein, dan omega-6 & 9.

Tak hanya itu, minyak ini juga memiliki sifat anti-bacterial dan anti-inflammatory. Wah, banyak sekali ya kandungan dari minyak ini. Kalau dilihat dari kandungannya, sudah dipastikan kalau ada banyak manfaat castor oil yang bisa kita dapatkan.

Berikut ini adalah manfaat castor oil untuk kesehatan, seperti dilansir laman India Times, Minggu (8/7).

1. Meningkatkan kekebalan

Minyak jarak telah ditemukan mampu untuk meningkatkan sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi.Minyak ini meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh Anda, yang memungkinkan tubuh Anda untuk membunuh virus, bakteri, jamur, bakteri dan sel kanker.

2. Memperbaiki sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang baik di seluruh tubuh Anda bisa membantu menjaga jantung Anda tetap sehat, menjaga tekanan darah Anda tetap stabil dan organ-organ Anda dalam kondisi yang baik.

Sirkulasi darah yang buruk, karena kondisi seperti diabetes, juga bisa menyebabkan sirkulasi yang buruk di bagian tubuh Anda yang bisa merusak arteri Anda.

Cukup oleskan minyak jarak ke tubuh Anda yang bisa meningkatkan sirkulasi darah.

3. Minyak jarak membantu menyingkirkan tahi lalat dan kista

Oleskan sedikit minyak jarak dengan sedikit baking soda ke area yang ingin Anda obati. Kombinasi ini bisa melarutkan kista dan jagung pada kulit Anda.

4. Membantu mengatasi sembelit

Minyak jarak berfungsi dengan baik sebagai pencahar saat diminum.

Minyak menciptakan panas dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu proses pencernaan dengan memulai gerakan usus yang tepat dan membersihkan sistem Anda.

5. Berguna untuk mengobati nyeri sendi

Memijat persendian Anda dengan minyak jarak dan menggunakan kantong air panas, setelah itu, pada area yang terkena membawa bantuan dari sendi yang menyakitkan.

Jika Anda menderita sakit terus-menerus, ulangi proses ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

6. Minyak jarak akan menurunkan gejala arthritis

Minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi alami yang menjadikannya minyak pijat yang ideal untuk diterapkan pada nyeri sendi dan otot.

Jika Anda menderita radang sendi, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk mengobati nyeri sendi selama seminggu untuk melihat pengurangan jumlah rasa sakit.

7. Membuat rambut Anda lebih kuat dan lebih tebal

Minyak jarak telah disebut-sebut untuk memberi Anda rambut yang lebih baik bertekstur dan lebih sehat.

Menggunakan minyak jarak hanya dua kali seminggu bisa membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat, lebih kuat, lebih tebal dan bebas dari ketombe.

Faktanya, asam lemak omega-6 masuk ke akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke rambut.

8. Minyak jarak mengatasi kulit kering dan berjerawat

Asam Ricinoleic secara alami ditemukan dalam minyak jarak menjadikannya obat rumahan yang bagus untuk melawan jerawat.

Ini masuk jauh ke dalam kulit Anda melawan bakteri yang menghalangi dan menyumbat pori-pori.Ini juga melembutkan dan menghidrasi kulit Anda, sekaligus meningkatkan keseimbangan bakteri yang memengaruhi kulit dalam tubuh.

 

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Share

Komentar