Logo Eventkampus

3 Rahasia kecantikan dibalik buah manggis

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
3 Rahasia kecantikan dibalik buah manggis

Belakangan ini mulai marak pengobatan berbasis herbal dengan menggunakan ekstrak buah manggis. Anda sendiri mungkin sudah sering mendengar tentang aneka manfaat buah manggis. Buah dengan nama ilmiah Garcinia mangostana ini diyakini mampu mengatasi berbagai penyakit oleh para ahli kesehatan tradisional Asia sejak abad 18. Menurut Style Craze, khasiat buah ini berasal dari senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis, yaitu alpha dan gamma. Xanthone ini merupakan obat yang efektif untuk memerangi berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah manggis juga memiliki khasiat yang beragam untuk kecantikan. Mau tahu apa saja? Berikut ini kami sajikan 4 manfaat buah manggis untuk kecantikan.
1. Mengobati jerawat
Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit seperti jerawat, noda gelap di kulit wajah, kulit berminyak, dan kulit kering. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah manggis juga efektif untuk menjadikan kulit lebih segar dan sehat.
2. Memperbaiki sel
Senyawa xanthone yang hadir dalam kulit buah manggis ternyata paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Xanthone ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel tubuh yang rusak serta melindunginya dari kerusakan. 
3. Menjadikan kulit awet muda
Penuaan bisa terjadi karena proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itu dibutuhkan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas tadi. Manggis ternyata mengandung antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau) yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, kulit akan jadi lebih awet muda. Jus yang terbuat dari kulit manggis juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih kencang.

Itulah 3 alasan kenapa manggis baik untuk kecantikan Anda. Tetapi perlu diingat, wanita yang sedang hamil harus menghindari konsumsi buah ini, karena bisa menimbulkan efek samping yang berdampak bagi janin.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

MANFAAT BESAR BUAH,KULIT,BIJI MANGGIS
10 Juli 2018
Manfaat buah manggis bagi kesehatan
10 Juli 2018
10 Buah-buahan terbaik untuk bakar lemak perut yang menumpuk
13 Juli 2018
10 Fakta Minyak Jarak buat Kesehatan dan Kecantikan
13 Juli 2018
Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan
26 Juli 2018
Cara Membuat Masker Tomat
15 Januari 2020

Komentar