Logo Eventkampus

Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan

Cuka apel adalah minuman kesehatan yang sempat populer beberapa tahun belakangan. Hasil fermentasi dari sari apel yang memiliki rasa sangat asam ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menghentikan mulas, memperlancar pencernaan, mengatur gula darah, hingga memecah timbunan lemak.

Tetapi di samping aneka manfaatnya untuk kesehatan tubuh, cuka apel masih punya manfaat lain yang menakjubkan, yaitu merawat kecantikan Anda. Berikut ini beberapa khasiat cuka apel untuk kecantikan yang kami rangkum dari Stylist.

1. Mengatasi jerawat
Benar sekali, cuka apel ampuh untuk mengatasi jerawat. Pasalnya tingkat keasaman dalam cuka akan membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat secara alami dan aman. Selain itu cuka apel juga bisa membantu mengurangi gejala penuaan dini di wajah.

2. Menjaga keseimbangan pH kulit
Tahukah Anda, pH yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya. Keseimbangan pH ini juga penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk toner wajah agar kulit sehat terawat.

3. Melindungi kulit dari pengaruh buruk matahari
Cuka apel efektif untuk mengatasi pengaruh buruk dari sengatan sinar matahari. Untuk mendapatkan efek tabir surya ini tambahkan 1 cangkir cuka apel dalam air mandi, kemudian gunakan untuk berendam selama 10 menit.

4. Menjadikan rambut berkilau
Untuk menjadikan batang rambut lebih sehat dan berkilau, campurkan 1/2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air, lalu gunakan untuk tonik rambut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas.

5. Melembutkan kaki
Anda bisa manfaatkan cuka apel untuk pedikur di rumah. Rendam kaki Anda pada campuran air hangat dan cuka apel. Sifat anti-jamur cuka apel akan menjadikan kaki Anda sehat, lembut, dan bersih. Selain itu membantu mengurangi varises berkat kandungan vitaminnya yang akan melancarkan peredaran darah.

Itulah lima manfaat cuka apel untuk kecantikan wajah dan rambut Anda. Selamat mencoba !

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Pentingnya Kesehatan Bagi Tubuh
04 Juli 2018
10 Buah-buahan terbaik untuk bakar lemak perut yang menumpuk
13 Juli 2018
Khasiat teh mawar untuk kesehatan
25 Juli 2018
7 Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui
16 Januari 2020
Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan
24 Januari 2020
Manfaat Toge untuk Kesehatan
31 Januari 2020

Komentar